Writer's Block

by - January 26, 2020


Pernah nggak sih kalian menghabiskan banyak waktu lama memandang layar kosong pada komputer atau laptop yang sangat lama akibat bingung atau tidak ada ide untuk menulis? Atau menatap halaman baru Microsoft Word tanpa mengetikkan satu huruf pun sebab nggak tau mau nulis apa? Mungkin pernah juga membuat coret-coret di kertas tetapi ide menulis di kertas tidak muncul-muncul.

Jika pernah, selamat kalian pernah mengalami writer’s block. Apa itu Writer’s Block? Writer’s block adalah suatu kondisi di mana kalian tidak memiliki ide untuk menulis apapun. Sekarang saya sedang mengalami hal tersebut. Bingung mau nulis apa di blog. Sebenarnya saya sudah membuat blog planning atau perencanaan postingan blog, Cuma asupan saya belum cukup untuk menulis label life, sebab blog planning yang tersisa tentang kategori life.

Di tengah saya kebingungan ingin menuli apa di blog sedangkan saya masih punya dua hutang postingan #challenge30haringeblog, akhirnya kebingungan saya ini bisa dijadikan sebagai bahan tulisan ternyata hehe.

Writer’s block terjadi dengan sebab yang bermacam-macam dan berbeda-beda setiap orang. Ada yang disebabkan tuntutan diri yang perfeksionis dalam menulis, ada yang karena deadline, bahkan ada pula yang sebab menderita depresi. Tentunya setiap penulis atau orang yang bukan penulis sekalipun pernah mengalami gangguan ini. Hal ini merupakan gangguan atau penyakit wajar yang dialami dalam dunia tulis-menulis.

Oleh karena itu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi Writer’s block dan memulihkan ide menulis kembali, yaitu:
  1. Rehat sejenak untuk mengistirahatkan pikiran.
  2. Mengamati lingkungan sekitar untuk mendpaatkan inspirasi. Bisa juga melakukan blogwalking atau surfing di browser atau media social untuk mendapatkan ide.
  3. Membaca apa saja yang membuat kamu tertarik atau merasa senang.
  4. Berpindah tempat atau mencari tempat nyaman untuk menulis.


Mungkin kamu punya cara lain? Share di kolom komentar yaaa.



#30haringeblog
#30haribercerita
#challenge30haringeblog
#30harinulisblog 
#harikeduapuluhtiga



You May Also Like

0 komentar