Nggak produktif bikin stress

by - January 23, 2020


Dua hari yang lalu, saya stress dan bosan karena di seharian di rumah tanpa aktifitas. Sebenarnya bukan di rumah, tapi di asrama. Iya, saya udah balik ke Malang teman-teman. Saya suntuk karena di asrama nggak ada kerjaan. Sebenarnya, saya masih pengen menghabiskan family time di kampung halaman. Hanya saja, kuliah asrama sudah dimulai seminggu sebelum masuk perkuliahan akademik. Dengan berat hati saya harus meninggalkan rumah tersayang saya di Nganjuk.

Besoknya setelah tiba di Malang, seharian bersih-bersih sampai malam. Kemudian main sama temen ke alun-alun Batu. Kemudian ada agenda ketemu sama orang dan agenda-agenda pribadi mengunjungi keluarga di Malang. Nah tepat dua hari yang lalu, saya bangun siang pukul 07.30 kemudian mandi dan setelah itu tiba-tiba saya bingung. Entah kenapa saya memikirkan hal-hal yang nggak penting. Tiba-tiba saya mikirin omongan orang lain ke saya yang negative, padahal itu Cuma asumsi saya. Sampai saya nggak sarapan dan pikiran suntuk, akhirnya turun ke dapur. Setelah ngobrol sama goreng makanan, balik lagi ke kamar saya mulai bingung lagi. Disitu hati dan pikiran saya sudah mulai kesel sama diri sendiri yang hari itu nggak produktif banget super banget. Kemudian cari hiburan dengan nge-game wkwk, eh ketiduran. Bangunnya kaget dan linglung wkwk terus rewel ke teman saya kalau saya bingung sama hidup saya. Kemudian teman saya meminta saya buat tenang dan minum.

Setelah itu saya mikir dan merenung. Ternyata hari itu saya nggak punya perencanaan harian. Benar-benar hari itu saya nggak ngerencanain mau ngapain dan kebanyakan mikir. Saya kalau kebanyakan mikir mau ngelakuin apa, pasti dating pikiran-pikiran negatif tentang omongan orang lain ke saya. Padahal mah itu asumsi aja. Setelah merenung dan mikir itu, saya menyadari bahwa saya stress karena bosan, nggak ada kegiatan produktif, goler-goler di Kasur, dan gabut. Saat saya nggak ngelakuin apa-apa dalam sehari itu rasanyaaa hampa banget hidup kayak nggak berguna hidup saya. Saya benar-benar suntuk lihat kamar terus wkwk. Butuh keluar hanya sekedar refreshing. Oleh karena itu, pelajaran penting buat saya (dan kalian), bahwa perencanaan aktivitas harian itu perlu. Biar nggak bingung mau ngapain. Saya stress kalau nggak produktif ternyata wkwk.

Nah berbeda saat saya di rumah kampung halaman. Saya enjoy sekali karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Terlebih rumah saya ada halaman hijau-hijau yang sejuk dipandang wkwk. Ada burung dara buat refreshing wkwk. Ada banyak pekerjaan yang nyaman bisa saya lakukan, apalagi pas melakukan pekerjaan bareng ibu. Intinya, di kampung halaman saya bisa produktif, di Malang yang seminggu sebelum perkuliahan  gabut mulu.

Alhamdulilah Allah ngasih saya stress atau kejenuhan kalau saya sedang tidak produktif. Hal ini memacu saya buat aktif gerak terus. Iya, saya anaknya pengen gerak ke luar ruangan terus, pindah-pindah buat melihat baru. Mungkin karena saya sebenarnya mudah bosan dengan rutinitas dan pengen ada hal baru, serta saya itu orangnya menyerap energi dari orang lain wkwk. Tapi tetap saya memiliki ruang yang sangat privasi sebab saya juga memiliki sisi introvert.

#30haringeblog
#30haribercerita
#challenge30haringeblog
#30harinulisblog 
#harikedelapanbelas

You May Also Like

0 komentar