Konsep IKIGAI

by - January 24, 2020

mon maap gambarnya seadanya hehe, ngebut selesaikan target blog wkwk



Mungkin saja kita merasakan frustasi dalam menjalani hidup karena kita belum menemukan IKIGAI dalam hidup. ((Termasuk saya hehe)). IKIGAI adalah sebuah konsep dari Jepang yang memiliki filosofis mengenai makna hidup. Singkatnya, konsep IKIGAI adalah alasan untuk hidup, bikin cara hidup lebih bermakna dan seimbang sehingga kita bisa nemuin the meaning of life and happiness.

IKIGAI berdampak pada produktifitas kita. Artinya setiap kita menjalani suatu aktifitas atau rutinitas, bahwa kita memiliki motivasi kuat dalam menjalaninya sehingga pekerjaan jadi cepat selesai. Arti lainnya kita bakal memiliki etos kerja yang baik sebab pekerjaan yang kita lakukan akan berdampak dengan baik ke orang lain.

IKIGAI ini sangat berpengaruh dalam kesehatan kita, baik kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa. Sehingga kita nggak mudah stress, depresi, atau frustasi saat melakukan rutinitas yang bisa dibilang membosankan bagi sebagian orang yang mungkin belum menemukan IKIGAI. 

Intinya ada empat konsep dalam IKIGAI sendiri, yaitu irisan dari mission, vacation, profession, dan passion. Yuk kita kupas satu-satu. Mission, artinya dalam melakukan suatu pekerjaan, kita melakukan pekerjaan yang disukai, dibutuhkan banyak orang, tetapi tidak dibayar. Vacation, kita melakukan pekerjaan yang dibayar tetapi kita sendiri tidak menyukainya dan tidak ahli/jago pula. Kalau profession yaitu kita melakukan pekerjaan sesuai keahlian kita dan dibayar. Yang terakhir Passion, yaitu kita melakukan pekerjaan yang kita sukai (ernjoy), dan ahli atau expert. Nah konsep IKIGAI ini adalah irisan dari keempat konsep tersebut. Artinya saat kita menemukan IKIGAI, kita telah melakukan pekerjaan yang kita sukai, yang kita ahli, yang dibutuhkan dunia atau banyak orang, dan dibayar. Perfect. 

Dalam menemukan IKIGAI, kita harus bisa mengenali diri sendiri, memahami pribadi ini maunya apa sih sehingga kita bisa nentuin langkah konkrit, yang kemudian bisa menemukan IKIGAI itu sendiri. Gimana cara mengenali diri sendiri? Ya nggak tau wkwk yang tau ya kalian sendiri. Saya hanya bisa memberi saran untuk melakukan self talk atau bicara sama diri sendiri, mengevaluasi, berpikir, merenungi hidup kalian, dan berani mencoba banyak hal biar tau rasanya mana yang bikin tertarik. Memang membutuhkan waktu yang panjang dalam proses mengenali diri sendiri. Nggak bisa langsung instan. 

Mungkin aja kalian juga harus belajar untuk menyukai pekerjaan yang nggak kalian sukai dengan mencari celah atau sesuatu dari pekerjaan tersebut yang dirasa menarik buat kalian. karena realistis juga perlu hehe. Ujung-ujungnya kita akan tetap realistis haha. Tetap butuh duit. Makanya buat sesuatu yang kita pengeni itu realistis juga. 

Kemudian nggak lupa buat membenahi tujuan. Tujuan kita melakukan sesuatu. Motivasi kita melakukan pekerjaan tersebut. Yang terpenting, aktivitas itu jangan sampai buat Allah nggak ridha yaa hehe. 

Love yourself and Understanding yourself!


#30haringeblog
#30haribercerita
#challenge30haringeblog
#30harinulisblog 
#harikeduapuluh

You May Also Like

0 komentar