Regional Training Leadership Youlead

by - January 10, 2020

Kali ini saya mau #flashback dulu yaaa. Beberapa momen dalam hidup saya belum sempat terekam di platform digital ini hehe.

Satu minggu sebelum berakhirnya bulan Agustus, tepat hari aktif perkuliahan ke-4, saya harus melakukan safar ke Solo. Denger nama kotanya, jadi ingat temanku dan ingat sesuatu pas mau ambil pilihan jurusan wkwkwk. Iya, ini kedua kalinya setelah liburan semester saya pergi ke luar kota Malang. Semester kedua sebelumnya pergi ke Banyuwangi.

Safar ke Surakarta buat memenuhi undangan Dompet Dhuafa dalam acara “Regional Training Leadership” JOGLOSEMAR (Jogja, Solo, Semarang, Malang, dan Surabaya) atau biasa disebut RLT JOGLOSEMAR. Disupport oleh komunitas saya Young Leader atau Youlead. RLT adalah sebuah training leadership untuk seluruh anggota Young Leaders Bersama Youlead Solo sebagai tuan rumahnya.

Kamis sore saya panik dan bergegas menyelesaikan packing, keburu teman saya nggak bisa nganter. Sore jam setengah lima lebih saya berangkat menuju terminal Arjosari diantar teman naik motor. Padahal pas itu kita pasca berantem wkwk. Lebih awal dating di terminal karena teman saya keburu praktikum. Saya jalan-jalan di area terminal kayak muter-muter wkwwk. Kemudian lupa belum bawa jas hujan ponco, akhirnya balik ke depan mencari Indomaret buat beli jas hujan. Setelah itu datang beberapa orang teman Youlead saya beberapa mbak mas Bakti Nusa buat dadain bukan nemenin perjalanan wkwk.

Bus berangkat setelah adzan isya. Kemudian seperti biasa tertidur sebab suasana mendukung. Sampai jam 2 pagi kami turun di pinggir jalan wkwk kayak orang hilang di tengah malam. Semuanya diam dan saling nunggu. Kemudian ada yang nyeletuk, “ayoo, UNS iku loh cedek”. Yang cewek-cewek bingung pesan grab karena mager jalan. Yang lain jalan. Sampai lah di masjid Nurul Huda UNS (kalau tidak lupa Namanya ya saya wkwk). Kemudian saya bersih-bersih diri, terus bobok.

Paginya, bersiap buat ke Aula UNS inn (pokok ke hotelnya UNS tapi di aulanya hehe). Dari pagi sampai maghrib kita disuapin banyak materi keren tapi membuat ngantuk pas siang hehe, dari pemateri-pemateri warbyasah. Maghribnya, teman-teman kembali ke Masjid buat bersih-bersih diri dan bingung mandi gimana soalnya airnya mati hadeuh. Eh dikira agendanya udah selow, ternyata masih ada lagi materi, tapi materi mala mini juga bagus, saya nggak ngantuk-ngantuk amat. Dilanjut tidur sampai besok.

Besoknya kita hijrah ke Hutan Kota Tambora Karanganyar. Selama perjalanan ke sana menggunakan truk, saya nyasar di para youlead non-Malang wkwk. Beruntungnya, kita saling cerita dan diskusi Bersama Mbak-mbak Bakti Nusa. Alhamdulilah diskusinya bermanfaat buat saya tentang sex education sampai saya ketiduran ehe. Tau-tau udah sampai dan nggak ada sinyal, duar. Belum sempet pamitan sama orang-orang termasuk orang tua. Tapi yaudahlah mau gimana lagi wkwk.

Sesampainya di sana kita jalan semakin masuk ke hutan dannn sudah tersedia tenda-tenda tanpa alas. Aduh tau gini cari pinjeman matras. Kemudian lanjut pembukaan acara sampai agenda-agenda inti. Apa aja agendanya? Saya lupa-lupa ingat hehe. Ada materi tentang bencana, diskusi kelompok, terus ngga tau materi apaaa, lupaaa. Pokoknya, malamnya inagurasi gitu, pentas seni per kelompok dengan tema masalah sosial. Sampai pres EM UB, Azzam Izzudin nengokin. Terus saya mikir, ni orang nomaden banget, mudah banget pindah-pindah. Udah y aitu nggak penting haha. Besoknya, hari terakhir dihabiskan untuk out bound. Seru-seru permainan yang disediakan mbak mas Bakti Nusa. Sayangnya kelompok saya tidak bisa mengikuti seluruh permainan karena mengejar waktu. Terakhir penutupan, kemas-kemas, terus foto-foto dan perpisahan yeay.

Sorenya, sampai di Masjid Nurul Huda UNS, alhamdulilah dapat sinyal hehe. Tapi saya tidur di truk pas perjalanan pulang hehe. Tiba-tiba sudah sampai, langsung pengen cepet-cepet mandi, bersih-bersih diri, segera bersihin wajah dan pakai toner #ciah karena habis kotor-kotor di hutan #lebay. Setelah itu main hp, yuhu banyak notifikasi wkwk. Karena sudah selesai acara RLT ini, sambal menunggu jemputan bus jam 22.00, kita jalan-jalan di belakang UNS. Terus anak UB kaget, kok sepi, kok nggak kumuh, dan lain-lain haha. Malamnya kita makan malam ditemani Youlead Solo. Terus ya gitu lah hehe, cerita, makan, main hp, bertengkar. Kemudian kita kembali dan menunggu waktu pulang.

Pukul 21.30 kita bersiap-siap untuk berangkat ke depan UNS. Biasalah yang cewek minta naik grab karena mager jalan hehe. Setelah sampai halte depan UNS, kita nungguin lama sambal ngantuk dan Lelah, apalagi besok senin ada kuliah hadeuh. Akhirnya dating lah bus pukul 23.00. Langsung cus dan eh saya dapat tempat nggak nyaman, minta tuker lah hehe, terus duduk di depan sendiri #alhamdulilah. Paginya jam 5 kurang kita sampai di terminal, langsung cari masjid dan solat. Kemudian saya bingung pulang naik apa, karena mikir naik grab mahal. Alhamdulilah ada yang mau jemput saya akhirnya. Alhamdulilah pula saya sampai kosan dengan selamat. Langsung bersih-bersih, kemas-kemas, dan mandi, lanjut ngerjain tugas, terus ketiduran.

Alhamdulilah seperti itulah cerita saya menapaki Kota Suarakarta. Banyak yang lupa karena sudah lama hehe.