Akhirnya punya domain sendiri

by - January 07, 2020


Akhirnyaaaaaaaa……..



Setelah menunda rencana buat beli domain sejak 6 bulan lalu, karena alasan sok sibuk haha, akhirnya saya membeli domain buat blog pribadi yeay. Alhamdulilah saat riset harga domain juga pas ada promo di penyedia domain. Saya beli domain di penyedia domain non-google yak karena harganya lebih murah dan kebetulan ada promo, yuhu. Saya beli di exabytes karena harga paling murah dan cukup terkenal sebagai penjual hal-hal per-website-an (menurut riset saya ya).

Sesudah check-out trolly belanja, saya baru membayar besoknya melampaui 24 jam. Tidak masalah karena masa berlaku pembayaran selama seminggu. Nah nah, tapi waktu saya mau bayar di supermarket yang -mart itu, eh kata mbak kasirnya sudah nggak bisa soalnya lebih dari 24 jam. Hmm saya nggak percaya, saya scroll dan uteg-uteg buat cari informasi bahwa pembayaran bisa dilakukan dalam jangka waktu seminggu setelah pemesanan. Saya keburu kebelet beli, saya coba ke -mart yang lain, dan taraa akhirnya bisa cui. Ah memang dah.

Sampai rumah langsung buka laptop dan cek apakah sudah aktif. Ya udah aktif, sekarang tinggal memproses buat nempel-nempelin ke blogspot gitu lah. Kalau kalian kepo coba search aja di google, hal yang harus dilakukan seteleh membeli domain. Saya ikuti petunjuk yang disediakan google dalam blogger.

Setelah 2 jam di depan laptop menghadapi kerumitan ria dengan urusan nempelin domain ke blogspot atau sebaliknya, drama panik karena erornisasi terjadi bolak balik, nggak lupa harus pindah alfamart buat bayar domain, sampai saya pusing dan nggak doyan makan serta nunda solat isya astagfirullah. Alhamdulillah semua telah terlewati dengan baik dan sabar sampai akhirnyaaaaaa saya punya domain sendiri. Saya seneng karena alamat blog saya bisa diketik www.devancpn.com di mesin pencari.

Tinggal satu langkah mengatur agar saat diketik tanpa ada www, jadi saat diketik devancpn.com di mesin pencari langsung bisa menuju blog saya. Nah ini membuat saya tambah pusing karena gagal terus, bukan gagal sih tapi eror. Kemudian saya cek lagi IP address yang saya masukkan benar nggak karena banyak IP address yang harus dimasukkan. Kemudian ada telpon masuk dari teman saya buat ngomongin flashdisk. Panggilan tersebut yang membuat jeda berhasil menghilangkan stress saya wkwk. Aelah lebay banget saya sampai stress wkwk. Ini baru cuman beli domain loh, belum kalau bikin website sendiri. Akhirnya saya lanjut dengan meminta bantuan di penyedia domain yang saya beli untuk membuat nameserver saya bisa diaktifkan privasi. Kemudian selang beberapa menit setelah saya ngobrol sama adek dan balesin chat, saya coba lah cek udah bisa belum karena kata orang-orang di google suruh nunggu buat mengalihkan laman tanpa www. Dannnn akhirnyaaaaa berhasil. Alhamdulilah. Langsung saya terperanjat pamer ke adek wkwk walaupun dia bingung. Yap sekarang blog saya selama setahun ke depan bisa diakses hanya dengan mengetik devancpn.com saja tanpa mencantumkan blogspot.

Terlihat sepele sih cuma berhasil masang domain aja lebay atau seseneng itu wkwk. Eh tapi nggak ‘Cuma’ karena memang ribet sih menurut saya yang belajar secara otodidak. Tugas saya yang tersisa adalah kepoin dan riset bagaimana caranya agar adsense blog saya bisa diterima oleh google. Dulu sempat bisa muncul iklan, tapi kemudian nggak muncul lagi, dan dapat notifikasi email bahwa ditolak, yahh. Masih kudu belajar lebih lanjut tentang strategi adsense ini biar diterima saya google. Padahal dulu udah pernah berhasil adsense-in youtube.

Well sebagai penutup saya mau cerita alasan saya rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit bagi manusia yang tidak punya penghasilan rutin seperti saya, untuk membeli domain pada blog saya yang tidak terkenal ini haha. Sederhana sih, biar saya rajin nulis di blog haha. Karena saya tipe orang yang pelit buat diri saya, dengan membeli domain saya akan berpikir bagaimana caranya agar domain yang saya beli pakai uang yang cukup besar tidak merugikan saya. Pasti saya bakal termotivasi sendiri kalau masalah uang wkwk. Kalau nggak ngeblog, rugilah beli domain nggak dipakai wkwk. Ya itu cara saya aja sih untuk memotivasi diri membentuk hobi.

Sudah yaa pokok saya senang karena berhasil membeli domain hehe. Jadi kalian kalau mau baca blog saya, ngga usah ngetik panjang-panjang, cukup ketikkan devancpn.com maka langsung dialihkan ke laman blog saya yeay. Atau kalau mau akses tanpa ngetik, cukup dengan klik alamat blog yang ada di bio Instagram saya. Apa akun Instagram saya? Coba cari di blog ini hehe. Dan jangan lupa tinggalkan komentar positif saat blogwalking di blog saya. Saya bakalan sering update Insya Allah untuk meminimalisir kerugian membeli domain hahaha. So stay tuned in my blog!


Happy reading my blog!!!
Jangan lupa share ya! yuhuu


#30haringeblog
#30haribercerita
#challenge30haringeblog
#30harinulisblog 
#harikeenam

You May Also Like

0 komentar