IBUKKK

by - January 03, 2020


Hari Ibu memang sudah terlewat, tapi kali ini saya pengen nulis my uneg-uneg, oke. Kemarin saya mampir beli pecel setelah mengantar adek sekolah. Warungnya ramai dipenuhi oleh orang tua dan anak kecil berseragam yang siap berangkat sekolah. Kemudian saya mikir sepanjang jalan pulang. Kasihan ya anak-anak kecil yang tidak pernah atau jarang merasakan masakan ibunya. Inget lagi pas kemarin main ke rumah temen, ia cerita kepoonakannya masih duduk di sekolah dasar, menghabiskan harinya di rumah temen saya kemudian jam 10 malam baru dijemput orang tuanya sepulang bekerja. Ya kedua orang tuanya adalah pekerja kantor. Saya membayangkan kasihan anak kecil itu masih kecil tapi sudah mendapat kasih sayang yang minimal.

Keinget ibu saya jadi lebih bersyukur. Saya sudah merasakan keenakan dan kenikmatan hidup dari kecil sampai sekarang dibesarkan dengan dibersamai orang tua terutama ibu. Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Dulu waktu saya kecil berpikir ah kenapa sih ibu nggak bekerja aja biar makin cukup kebutuhan keluarga. Pikir saya waktu masih kecil yang tidak diturutin untuk beli mainan wkwkkw. Tapi sekarang saya tau jawabannya dan keadaan itu membuat saya lebih bersyukur.

Bayangin pagi-pagi subuh sudah bangun, masakin buat sarapan, isi air minum, bawain bekal nasi, buah, jajan, duh paket complete. Ayah saya pun juga dibawain bekal. Pulang sekolah dijemput ibu terus diajak mampir ke toko, dibeliin jajan, sampai rumah langsung tersedia makan siang, biasanya dibuatin jus, duh gizi lengkap. Terus dilanjut kamar udah rapi, enak langsung bobok siang, ditemenin ibu. Sore dibangunin ibu, dimarah-marahin suruh mandi sulit amat ni bocah. Kemudian disiapin alat ngaji terus diantar ngaji. Pulang-pulang ngaji langsung makan malam yang sudah tersedia tanpa perlu repot-repot mikir makan malam apa ya, belum bikinnya yang super ribet. Terus diomelin suruh matiin TV, disodorin buku pelajaran yang membosankan menurut anak-anak. Kemudian jam 22.00 disuruh bersiap tidur, membangun kebiasaan buang air kecil sebelum tidur, kemudian diselimutin, ditengokin dan diperhatiin udah tidur belum. Duh romantis sekali sebenernya Cuma kita sebagai anak buta aja sih nggak melihat sisi romantisnya seorang ibu ke anak. Belum kalua sakit, langsung jadi ratu. Semua tersedia dan terantar dengan baik di atas tempat tidur. Dua bulan lalu saya sakit di tanah rantau, kelabakan bingung minta tolong siapa, semua harus dilakuin sendiri, nggak ada yang instan tersedia, duh. Langsung tamparan keras buat bersyukur karena selama ini I have mother who always be there in beside me.

Setelah saya amati, analisis, dan pikir-pikir, nggak mudah banget buat jadi ibu apalagi kayak ibu saya. Udah ngurus anak dengan bejibun drama, belum lagi ngeladenin ayah saya dengan porsi yang sama atau lebih dari anaknya, tambah lagi ngurus rumah, duarr. Ya ibu saya memang tidak bekerja, bukan wanita karir pula, ataupu pengusaha dari rumahan, just a housewife, but in her role many reward fields abound. Kadang orang mikir atau contoh saya lah, ngerasa ibu rumah tangga itu ya kayak rutinitas biasa, nggak wow kayak orang-orang yang meniti karir mungkin sampai ke seberang benua. Tapi sebenernya di rumah itu banyak sekali ‘lahan ibadah yang kerasanya memang kayak rutinitas’ tapi sebenernya itu mengandung ibadah yang amat besar dan nggak gampang. Riwuh sama rumah, anak, suami, bahkan riwuh sama ibu-ibu sayur buat nawar harga. Dan keriwuhan itu pun kalua dilihat sudut pandang lain, itu adalah ibadah. Mungkin emak-emak yang dulu jadi aktifis kampus dan kemudian setelah menikah jadi berkutik di rumah aja itu pernah ngerasa amal yaumi nggak kekontrol dengan baik gara-gara riwuh sama anak lah, suami, pelayan pln buat bayar listrik dll. Padahal segala drama yang terjadi itu sama-sama ibadah. Tinggal gimana ibuk-ibuk ini memaknai ngurus anak, ngurus suami, ngurus rumah, adalah ibadah. Misal anak tantrum, ya jangan marah, nahan marah kan ibadah, plus kalau istighfar biar anak cepet ilang tantrumnya kan juga ibadah. Atau ditinggal suami tidur pas cerita ya jangan ngambek wkwkkw tapi sebel aja wkwk. Enak banget gua ngomong haha. Belum ngerasain padahal.  


Ya sudah lah para penonton blog saya. Itu Cuma uneg-uneg saya yang terlintas selama perjalanan menuju rumah abis beli pecel wkwk. Buru-buru ditulis keburu lupa entar. Oh iya saya belum ngerasain ya suka duka jadi ibu karena masih jadi mahasiswa wkwk. Saya pun belum tentu mampu menjadi ibu yang sesempurna itu, masih harus banyak belajar, praktikan apa yang gua omongin wkwk, dan nulis lebih mudah daripada praktiknya wkwk. Tapi ya kita sama-sama buat jadi yang terbaik lah yaaa. Semoga tulisan saya bisa dijadiin pelajaran, diambil yang baek-baek, dan  bisa meningkatkan kecintaan kita sama ibu dan peran kita dimanapun. Saya nggak maksa kalian jadi ibu rumah tangga. Silahkan mau ambil peran apapun itu pilihan kalian. Yang penting maknai peran kalian sebaik mungkin yaaa salah satunya sebagai ibadah kalian.

Selamat hari ibu….
Terima kasih yuk ke ibu kita…
Sayangi diaa yaaa…
Wkwkkw.


#30haringeblog
#30haribercerita
#challenge30haringeblog
#30harinulisblog 
#harikedua

You May Also Like

0 komentar