Upgrade My Skill

by - April 30, 2020



Saya kan udah pernah cerita ya kalau di rumah itu saya betah soalnya bisa melakukan hal-hal yang saya inginkan tanpa ada distraksi ABCDEFGHZZ di luar. Salah satu hal yang bisa saya lakukan adalah UPGRADE SKILL!! Selama di rumah ini ya saya sudah habis banyak loh buat investasi leher ke atas, tapi banyaknya saya belum seberapa sama orang di luar sana soalnya saya masih kadang pelit sama diri saya. Mesti mikir nanti gimana nanti gimana, walaupun berusaha menata mindset pokok nggak papa belajar dulu, update skill, kuasai, nanti habis corona cari uang lagi.
Lalu skill apa saja yang asah saat di rumah?
Ini dia jawabannya yang kalian suka kepoin hidup saya wkwk. Ada yang sedang dilakukan dan ada yang otewe ya buat ngumpulin bahan.

MENULIS
Tentu saja rencana awal tahun untuk sering update blog harus terus berprogress. Qadarullah ada corona, jadi lebih mudah merealisasikannya sih, apalagi kali ini bisa ikutan tantangan menulis blog selama Ramadan yang diadakan Blogger Perempuan Network.


Ya saya melatih skill menulis, khususnya menulis non-fiksi seperti artikel umum dan cerita-cerita pribadi. Sebab selain menyebarkan manfaat lewat tulisan, saya juga harus realistis aja, kalau manusia butuh duit wkwk. Jadi saya harus memiliki skill menulis yang bidangnya dibutuhkan oleh pasar, model tulisan yang dicari banyak orang terutama untuk kepentingan bisnis. Selain itu saya menantang diri saya untuk membuka jasa freelance menulis, alhamdulilah saya membutikan kedua kalinya, kalau bisa menghasilkan uang dari rumah. Tapi kalian nggak bisa lihat saya di akhir, sebab ada cerita di balik saya mendapat klien ini haha. Kapan-kapan saya cerita yak tentang freelance menulis. Ingetin tolong haha.

Selain menulis non-fiksi, saya juga pengen mengasah kembali skill menulis fiksi saya, apalagi saya kuliah di sastra wkwk mestinya bisa nulis fiksi tapi jujur sulit banget buat saya. Berbeda waktu zaman pelajar dulu, wuih ide dan inspirasi jaya terus. Mungkin saya kurang dekat sama Allah jadinya imajinasinya kurang luas. Ya tapi sejauh ini saya belum mengasah skill ini wkwk. Dasar emang bocah.

Digital Marketing
Dunia marketing online telah menarik hati saya dengan berbagai gejala-gejala yang terjadi di hidup saya haha. Saya tuh emang tipe orang yang menjalani sesuatu berdasarkan keinginan saya wkwk makanya saya nggak suka kerja di kantoran soalnya ada yang maksa atau nyuruh-nyuruh saya wkwk. Dimulai pernah jadi freelance marketer tapi marketingnya offline, terus dunia per-blog-an yang mengharuskan saya analisis trafik, lalu topik pemasaran dan bisnis di Skill Academy yang menarik perhatian saya. Lalu masuk lebih dalam ke digital marketing yang dibagi beberapa cabang, salah satunya, Instagram atau social media. Nah saya juga pengen mengasah skill social media spesialis. Berawal dari saya menjadi content writer di salah satu akun Instagram dakwah. Selain itu ada juga beberapa akun yang akan saya garap di Instagram, nah saya tertarik dengan strategi-strategi pemasaran di platform ini, apalagi pas belajar copy writing di Instagram tuh kayak excited gitu wkwk. Semoga saya segera mendapat platform belajar yang tepat wkwk.

Dunia per-desain-an
Yap tentu ini sudah menjadi list saya sejak awal tahun, karena saya punya rencana proyek pribadi yang mebgharuskan saya bisa ngedesain selayaknya desainer aelah gaya bet wkwk. Sekarang bisa sih, tapi masih jauh dari kata sempurna. Selain itu saya pengen mendalami desain animasi, tapi saya nggak jago ngegambar gimana dong. Yaudah lah gapap masuk list dulu yak wkwk.

Belajar Finansial
Maraknya topik milenial harus melek finansial, apalagi saya sering diajak temen saya buat ngobrol finansial, tapi saya tuh masih buta banget. Investasi? Buta poll wkw walaupun udah dijelasin bapak saya dikit-dikit. Susah nangkep gitu loh wkwk. Belum belajar terkait fiqih-nya halal haram. Masih banyak pr sih buat belajar finansial. Karena inflasi semakin terus menggemuk di tahun ke tahun hehe. Apa hubungannya? wkwk

Personal Branding
Skill ini lah yang membuat saya mendapatkan klien freelance menulis tanpa saya megajukan diri untuk mendaftar tapi ditawarin. Nah saya juga lagi belajar tentang ini, tapi berat bet karena saya bukan siapa-siapa apalagi influencer haha. Personal branding nggak melulu jadi influencer loh, ya pokok sesuai tujuan kalian aja sih. Jadi selama di rumah saja, saya sedang membangun personal branding pada pasar yang saya tuju.

Well, itu dulu list skill professional yang sedang dan akan saya lakukan. Semoga tidak wacana WKWK.

Yuk upgrade skill di tengah pandem dan banyaknya waktu di rumah aja.


#BPNRamadan2020
#Day11
#challangenulisblog30haribyBloggerPerempuanNetwork


Baca: Bertumbuh
Baca: Me Time

You May Also Like

0 komentar