Esensi Baju Baru vs Baju Lama

by - May 17, 2020


Mendekati lebaran Idul Fitri, mall semakin ramai dan masjid semakin sepi. Tapi sekarang beda deng hehe. Nah biasanya mendekati lebaran, diskon besar-besaran diobral biar manusia ini punya baju baru yang dipake pas idul fitri. Padahal sebenarnya esensi baju baru ini memiliki makna lain jika kita lihat dari sisi yang lain. Bahwa pakaian yang baru tersebut itu sebuah cerminan iman yang baru. Hasil dari kocokan adonan iman selama 30 hari, digodok biar matang pas idul fitri dan siap buat scale up ibadah lebih mantep lagi.

 

Jadi seharusnya menjelang syawal, kita seperti memasang iman yang baru, fresh, seger, dan tentunya sesuatu yang baru pasti mesinnya masih bagus dan nggak ada cacatnya gitu. Maka tubuh kita beserta mesinnya harus bagus juga buat menjalankan teknis kehidupan manusia yaitu beribadah. Kalau selama 30 hari Ramadan kita berjuang biar disiplin ibadah dengan dipancing sama Allah ganjaran pahala tak terbatas, maka menjelang syawal adalah bulan baru yang mana kita siap buat displin dan merasa terbiasa dengan amalan-amalan ibadah yang sebelumnya semuanya kita kerjain di bulan Ramadan sampai sunnah-sunnah-nya, maka bulan baru pasca Ramadan kita udah terbiasa. Bingung yak kata-kata saya wkwk, mon map maksudnya pokok gitu. Nih saya nulis sambil ikut kajian google meet wkwk kudu berbagi fokus hehe.

 

Esensi sebenarnya dari baju baru itu ya iman baru. Terlepas dari makna denotatifnya, yang ingin saya maksud di sini makna konotatif dari baju baru pas lebaran. Lalu baju lama? Baju lama udah berusaha kita buang selama proses struggling 30 hari itu. Kita ditantang buat nggak maksiat selama Ramadan, membuang jauh-jauh debu dan kotoran hati dengan dipaksa berbuat kebaikan dan menuai amalan-amalan yaumi. Baju lama ini sudah mulai kita singkirkan ya selama proses 30 hari itu, dan pas syawal tiba secara otomatis kita punya pakaian baru yaitu iman baru tapi makna imannya tetap ketauhidan.

 

Yak singkat saja yak, semoga pesannya bisa nyantol di pemahaman kalian wkwk. Aamiin.

 

#BPNRamadan2020

#Day22

#challangenulisblog30haribyBloggerPerempuanNetwork

 


You May Also Like

0 komentar