5 Novel Favorit yang menarik hatiku ke dunia sastra dan kepenulisannya

by - May 21, 2021

 



 

Gegara Idul Fitri kemarin aku jadi punya waktu luang yang banyak sekali dalam sehari wkwkwk. Saking banyaknya, aku lebaran itu karena tidak mudik atau silaturahmu ke desa jadinya tidur mulu haha. Selain itu, karena bebas sementara dari pekerjaan, aku menghabiskan waktuku saat bangun (tidak tidur) dengan membaca buku. Cuma satu hari saja, buku berjudul “33 Kisah Wanita Inspiratif” karya Arum Faiza aku lahap habis. Buku ini milik adekku atas pemberianku saat ulang tahunnya di tanggal 10 Mei. Lalu aku yang memberi, aku pun juga tertarik ingin mengintip isi bukunya. Setelah menyelesaikannya, Idul Fitri kedua kan masih ada, aku manfaatkan untuk membaca buku dari The Qoonit, karya terbarunya berjudul “Hidup Satu Kali Lagi”.

 

Dari situ kemudian aku tertarik nih buat berteman lebih dekat Bersama buku. Tahun 2020 punya target baca buku dengan minimal jumlah tertentu, sayangnya belum tercapai. Ditambah aku lagi demam twitter dan ikuti kak Hestia, Sophia Mega, dan bookish lain jadinya ku tertarik dalam dunia buku lhooo.

 

Namun aku tak menjamin apakah mampu di tengah kesibukan yang kembali lagi haha. Well, dari situ lah aku pengen deh sepertinya berkarir di dunia buku. Walaupun nggak tahu deh nanti hehe. Namanya juga usia 20 tahunan, pengen mengkesplor banyak hal. Ya kan? Haha.

 

Nah kali ini aku bakal membagikan 5 judul novel favoritku yang menginspirasiku untuk menulis. Semoga Allah mampukan hamba untuk menulis seperti penulis-penulis yang ahli dalam mempoles aksara. Tanpa memutar waktu lagi, mari berkelana dengan novel favoritku!

 

1.      Ghazi – Ustadz Felix Xiauw dkk.

 

Novel ini langsung menjadu novel terbaik kala itu saat kelas 10 atau 11 SMA (aku lupa). Modal pinjam ke temen, aku mampu menyelesaikannya dalam waktu 3 hari saja. Isinya cukup padat, harus fokus juga saat membacanya, dan nilai sejarahnya sangat kental.

 

Novel ini mengisahkan kehidupan  Usmani semasa Muhammad Al Fatih dan Vlad III Dracul (Dacula). Aku sangat sangat kagum penulis bisa membawakan cerita bersejarah dengan sedetail itu. “Gila banget pengetahuannya amat luas!”. Salah satu kelemahanku dalam menulis novel, aku sulit menggambarkan situasi secara detail. Mungkin aku anak nggak suka basa basi dan suka to the point, jadinya malah kebawa pas nulis fiksi.

 

2.     Nyala Semesta – Farah Qoonita

 

Siapa sih nggak mengenal penulis ini? Farah Qoonita sebagai penulis fiksi pemula, menurutku sudah berhasil membuat sebuah novel thriller yang wow bagus juga! Mulai dari jalan cerita, penokohan, detail situasi, alur, dan unsur-unsur lain sudah kutemukan di tulisan beliau. Gaya kepenulisan alur ceritanya mirip banget dengan gaya tulisan Dan Brown.

 

3.     Harimau! Harimau! – Mochtar Lubis

 

Novel ini habis dibahas di bookdragon CC bulan April kemarin! Yeay! Novel ini seruuu bangettt, menegangkan juga. As you know  seperti sastra lama, tulisannya punya nilai dan alur yang unik. Pesan moralnya juga banyak banget dan super padat. Selain itu, penggambaran situasi sangat padat dan mampu membuat pembaca merasa deg-degan.

 

4.    Lupus – Hilman

 

Sejak SD aku sudah terpapar novel Hilman sampai beli di Gramedia. Sukak banget! Gokil dan lucu haha. Gara-gara asupan novel Lupus bergenre komedi ini, aku pas SD/SMP lupa udah bisa buat cerita dan novel komedi wkwk. Sayangnya tulisanku masa itu terpendam, dan Sekarang nggak tahu dimana haha.

 

5.     Tangkaplah Daku, Kau Kujitak (Lupus)- Hilman

 

Masih dengan karya Hilman, judul ini pertama kali diriku terpapar sastra. Bermula dari pemberian kertas surat atau binder lama pemberian budheku, ku menemukan novel ini. Novel tua yang sudah using tapi menghibur untukku saat masih kanak-kanak. Dari situ aku tertarik dengan dunia sastra. Gaya bahasanya Hilman di novel ini tuh bisa aku copas kala itu. Lucu dan bikin pembaca anak-anak setingkat SD mampu memahaminya. Meski demikian, novel ini bukan novel khusus anak-anak, jadi ya menurutku bisa buat semua kalangan.

 

Sangat sedikit sekali reviewnya haha, karena lagi lagi aku sedang mengejar target tulisan. Semoga hari ini bisa selesai. Soalnya tanggal ini tuh terakhir! Thanks, soon aku bakal nulis terkait buku (may be) Doakan saja!

 

You May Also Like

0 komentar