Eksekutif Mahasiswa

by - January 12, 2019


BEM Univ di Brawijaya itu kan beda sendiri namanya diantara universitas atau perguruan tinggi lainnya. Eksekutif Mahasiswa namanya, atau biasa dipanggil EM UB. Nah saya mau cerita nih, sedikit testimoni saya setelah diberi amanah menjadi bagian dari Adhiyaksa Jagadhita 2018, yaa walupun Cuma sebentar lah ya saya di EM hehe.

Mungkin akan saya awali dari ke-tidak-menyangka-an saya ya wkwk akan secepat ini menjadi bagian dari EM wkwk. Sebelumnya memang saya sudah sedikit tau tentang UB karena guru ngaji saya kebanyakan sekolah di UB. Makanya mereka waktu cerita itu sering sebut-sebut EM dan UAKI, jadinya kan saya taunya ya cuma dua hal itu lah ya.. belum tau yang satunya wkwk. Entah kenapa guru saya nggak pernah cerita perihal organisasi di luar kampus. Atau memang zaman beliau-beliau belum ada ya... harusnya sih sudah ada karena kan zaman reformasi 1999 sudah ada hehe. Ya pokok saya kurang tau lah sejarahnya gimana hehe, nanti juga bakalan tau kalau dikasih tau sih.

Saya pengen ngerasain gimana sih rasanya menjadi bagian dari BEM gitoh. Jujur ya saya itu dari SMP sudah anti osis tau. Persepsi saya karena OSIS itu semacam pembantu sekolah wkwk. Tapi nyatanya bener kok wkwk. Lebih tepatnya bukan pembantu sih, tapi pelayan masyarakat. Melayani masyarakat memang tugas-tugas lembaga pusat seperti OSIS dan BEM lah dan saya baru sadar setelah (sedikit) paham tentang dakwah politik. Bersyukur juga sih saya baru tau, jadinya kan saya nggak buang-buang energi dengan niat yang nggak bener wkwk. Karena saya tuh orangnya kalau ikut sesuatu harus bener-bener dipertimbangkan dan dipikirin niatnya. Makanya saya nggak pernah ikut kepanitian karena saya bingung niatnya gimana ya.. bisa sih niatnya buat menebar kebaikan tapi saya mikir kayak ada tempat lain yang mewadahi niat saya wkwk. Tapi disisi lain kayak mennyia-nyiakan kesempatan dakwah di sekolah. Kalau aja saya tau dakwah politik sejak kelas satu SD, nanti kan saya ikut OSIS mau wkwk. Sehingga ini kesempatan saya buat menebus kesalahan saya yang anti OSIS wkwk.

Waktu saya sudah jelas diterima di UB tapi belum tau apa-apa, masih polos lah, pengennya sih ikut EM nanti aja lah waktu angkatan tengah-tengah wkwk. Niatnya pengen ikut UAKI dulu. Entah kenapa saya itu dari dulu sangat excited dengan UAKI ya.. wkwk. Mungkin karena kisah cinta guru saya yang bertemu di UAKI wkwk. Enggak lah bercanda saya. Saya dulu waktu SMA kan sama teman-teman membangun lembaga dakwah remaja dari nol soalnya udah lama vakum. Nah terus saya lihat JMI ITS dan UAKI buat jadi acuan. Udah deh skip aja kok saya jadi cerita ngalor-ngidul, nanti saya cerita di postingan sendiri. Kok bisa sampai UAKI ya padahal kan ini tentang EM. hadeuh. Back to the topic ya, cuma saya kok pengen ikut gitu waktu ada oprec staff muda, soalnya saya mikir ini kesempatan saya buat tau kondisi gimana sih lembaga eksekutif dalam kurun waktu singkat sebelum nyemplung setahun periode kan nanti. Tapi disisi lain saya pengen daftar UAKI. Bingung kan, duh bingung lagi deh. Ya udah saya taruhan wkwk. Kalau misal diterima EM berarti disuruh menebar kebaikan di sana. Tapi kalau enggak diterima artinya UAKI tempat buruan saya selanjutnya. Eh kenapa nggak ikut dua-duanya aja? Soalnya saya mikir semuanya punya porsi yang sama. Sama-sama berat wkwkwk. Eh pada akhirnya saya lebih dibutuhkan di tempat lain wkwk. Ahh..

Kemudian saya nyemplung di Eksekutif Mahasiswa tepatnya di Kementerian Advokasi Kesejahteraan Masyarakat. Ahhh berhadapan dengan rentetan proker resmi lagi setelah lama nggak nyentuh proker resmi. Soalnya kan selama ini saya di organisasi luar sekolah buat proker sesuai keinginan saya wkwk. Saya nggak akan banyak cerita tentang Advokesma karena bakal saya tulis di postingan terpisah. Lambat laun saya nyaman dengan tempat ini, walaupun ada tempat lain yang lebih nyaman sih hehe.

Seiring berjalannya waktu #ceilah deretan proker demisioner. Akhirnya kita juga menuju demisioner. Waktu farewell EM itu kan saya baru mikir bahwa lembaga ini bener-bener lembaga yang hebat menurut saya. Lembaga Eksekutif ini sangat profesional banget. Orang-orang yang di dalamnya juga orang-orang pilihan menurut saya. Orang-orang di dalamnya penuh tanggung jawab dan problem solving yang menurut saya wahh gitu ya. Dengan masalah yang adaa aja muncul, tapi orang-orangnya terutama para petinggi tetap bisa menemukan solusi. Heran saya.



anyway saya nggak ada di foto ini karena saya kabur duluan pagi-pagi. Dateng telat, Pulang duluan wkwk.

Ada sistem yang terstruktur di lembaga non-agama ini. Mulai ada SOP waktu rapat, aturan SP (surat peringatan), sampai kebersamaan, dan nggak lupa rapat kabinet. Kerennya tuh di SOP rapat. Ada run down-nya dari pembacaan Al-quran, inspiring story (semacam tausiyah gitu sih), sampai solat tepat waktu kalau udah dengar adzan. Keren banget tauuu. Cuman sih jamal buat cewek dilanggar. Tapi saya itu kagum lembaga ini keren banget sih dengan profesionalisme banget. Ada rapat kementerian atau biasa disebut ramen, rapat kabinet, sampai upgrading EM. Yaiyalah Dev kan lembaga eksekutif mahasiswa, apalagi tingkat pusat. Hmm gini juga masih ada yang nyinyirin Boikot EM atau EM nggak guna. Hadeuh.


Cuma saya nggak bakal lanjut tahun ini hehe. Sepertinya tanggung jawabnya bakal besar banget apalagi selama satu tahun periode, wadaww. Saya udah ada tempat lain yang lebih urgent, hehe. Cuma saya belum nyobain sih gimana rasanya aksi wkwk.


BYE.
    








You May Also Like

0 komentar