Kudu Baper

by - January 08, 2019


emang nggak ada hubungannya, tapi saya pengen upload. Mereka teman pertama saya di Malang. Saya baper sama mereka soalnya dipanggil 'Mbak Cantik'. Mereka kan anak kecil, pasti jujur lah. eh panjang bet dah captionnya. bodo amat.

Allah baik bener ya, di saat saya punya banyak ide nulis blog, tapi adaaaaa ajaa kejadian yang bisa dijadikan bahan nulis di blog. Hal-hal sederhana yang bisa diceritakan dalam bentuk tulisan ehehehehe.

Jadi gini gaes, saya mau cerita dari mana ya bingung nih. Ya ampun dikit-dikit saya kok jadi bingung. Intinya tadi itu hp saya hampir RIP. Sebelum bobok siang yang tidak sengaja, saya sengaja mematikan hp saya karena baterai mau habis. Waktu matiin hp itu saya setengah tidak sadar karena kan memang ketiduran ya sebelumnya. Terus saya dibangunin adek tuh buat nganter dia les. Alhasil saya bangun glagapan, cariin hp dan mau dinyalakan buat lihat jam. Eh nggak nyala-nyala dong, yaudah pikir nanti langsung di-charge aja keburu nganter soalnya. Cepet-cepet mandi, salat, dan ambil jemuran dulu. Ah banyak banget rutinitasnya sempat ambil jemuran lagi sebelum nganter adek les. Iya, soalnya habis nganter saya mau nungguin di perpus. Kan nanti kalau hujan jemurannya basah ehehe. Nggak lupa saya cabut hp saya.

Singkat cerita saya udah selesai nganter adek saya, terus saya coba nyalakan lagi. Eh nggak nyala-nyala. Wah ngajak rame ini hp. Saya pulang dong dengan keadaan menekan rasa panik wkwk, nggak jadi ke perpus dong. Prasangka saya saat itu baterai saya lowbat jadi minta diberi asupan. Tapi kok nggak ada tanda-tanda yang menunjukkan ada energi yang masuk ke hp ya waktu di-charge. Oke mungkin karena saking habisnya ya, pikir saya. Saya tunggu deh satu jam. Lewat satu jam, saya cek lah, idih tetep nggak bisa nyalah. Mulai panik dan hati deg-degan.

Pikiran saya langsung ke Allah lah. Jangan-jangan ini Allah nyindir saya. Emang sih interaksi saya sama Al-quran belakangan ini nggak sekenceng interaksi saya sama smartphone. Apalagi belakangan ini saya harus berdistraksi dengan smartphone lebih banyak daripada hari biasanya, makanya saya kalo malem fast respon. Tapi baca Qur’an-nya malah berkurang. Dari kondisi ini saya udah peka nih, Allah cemburu. Langsung saya cabut ambil al-quran terus baca. Setelah baca beberapa lembar, saya langsung menghampiri hp saya. Hmm kalau dilihat dari tindakan saya kayak baca al-quran nggak ikhlas ya.. ahaha. Dengan alasan biar hp saya nyala lagi. Yaudah lah yang penting saya kan melibatkan Allah buat membangunkan hp saya yang sekarat. ihh nggak boleh gitu kamu.

Setelah saya baca al-quran itu, ada kejadian misterius. Selesai baca, saya nggak langsung nutup mushaf, saya lihat dengan pandangan tajam ke mushaf. Tiba-tiba hp saya jatuh dari kasur (kasur saya dibawah kok, bukan di ranjang) yang kemudian mengalihkan perhatian saya. Nah anehnya, hp saya tuh kan posisi di-charge, charge-nya juga ikutan lepas tau. Lepas dari stopkontak. Mana saya sendirian lagi di rumah. Bodo amat lah, pikiran saya langsung mengira-ngira charge-nya rusak. Saya berprasangka itu petunjuk kalau charge yang rusak. Cabut ke kamar adik ambil charge dia, langsung colokin. Lah tetep nggak bisa, wadohh. Saya balik ke kamar sambil merenung dan berdiam diri, sambil deg-degan takut ternyata hp saya RIP beneran. Kepala saya langsung dipenuhi angan-angan kondisi kalau tidak ada hp. Bagaimana saya menghubungi teman-teman, kalau hp saya RIP, saya bakal nyusahin teman-teman, bakal menghambat progres. 

Terus saya ingat nasihat guru saya, jangan bergantung sama smartphone. Hati tetap harus bergantung sama Allah. Soalnya guru saya tuh pernah, mau ke Bogor, siap-siap aplikasi gojek dan grab. Eh waktu turun dari bus kota, hp-nya mati. Akhirnya, dia naik angkut, terus tanya-tanya lah hotel X dimana tempatnya. Dengan sedikit kebingungan karena orang sekitar jawabnya pakai Bahasa Sunda. Kampretnya ini hp nyala waktu guru saya sudah sampai di hotel. Wah ini mah kode keras dari Allah biar hati tetap bergantung sama Allah bukan sama smartphone. 

Mengingat pengalaman guru saya, saya optimis hp saya bakal nyala kalau bergantung sama Allah. Saya coba luruskan niat, coba merenungi kesalahan dan kelalain belakangan ini, ya ala-ala muhasabah diri gitu lah. Emang dasar ya manusia evaluasinya kalau udah dapat teguran, penyesalannya kalau sudah melakukan (yaiyalah), dan amalnya meningkat kalau ada maunya sama Allah.

Saya elus-elus itu hp, sambil menghadirkan pikiran-pikiran postif kalau hp saya bakal hidup lagi kok, dia cuma istirahat, capek lu pake terus. Biar aura ngopeni saya ditransfer ke hp, sehingga dia nggak ngambek. Eh alhamdulilah, waktu saya coba menghidupkan kembali, bergetar hp saya, terus nyala gais. Yeay senang sekali. Ya Allah Maha Baik deh.

Terkadang tanpa sadar, smartphone bisa jadi stupidphone, kalau kita nggak tau etika pakainya. 
Hikmah yang mau saya sampaikan adalah kita kudu baper sama Allah. Jangan baper sama doi mulu. Baper gimana? Ya harusnya sedikit-sedikit melibatkan Allah. Hal sepele atau hal sederhana kayak hp saya sekarat itu (eh itu serius deh buat saya) harus libatkan Allah. Pernah saya ditanyain sama adik saya, cara ngilangin jerawat gimana, padahal udah diobatin. Ya saya jawab dengan ringannya, pakai Al-quran. Dia malah melongos. Hadeuh.

Kadang hal-hal kecil atau sederhana yang kita anggap remeh, itu tuh sebenarnya bisa jadi teguran atau peringatan. Makanya harus baper sama Allah. Masa bapernya sama doi yang balas WA fast respon. Aelah. Nah kalau kalian udah baper itu kan tandanya kalian peka. Baper karena doi yang kalian suka tiba-tiba chat, terus berprasangka, “wah ada apa ya?”, “kok dia chat aku sih, jangan-jangan...”, dan ternyata cuma mau tanya kontak temannya. Wah ngenes ya? Ah tapi ngenesan saya, traveling di dalam UB sendirian. Makan siang juga sendirian. Huh. Eh balik topik, nah kalian baru ngerasa baper dikit udah peka sama tanda-tanda doi (padahal doi biasa aja).


Nah lho, peka sama manusia aja bisa, masa peka sama Allah nggak bisa. Harusnya juga saya bersyukur diingetin sama Allah buat nggak lalai walaupun sibuk juga sama gawai. Astagfirullah.
Coba deh kalian pikir dan renungi hal-hal kecil dan sederhana yang ada di kehidupan kalian. Pasti ada hikmah luar biasa. Dimulai dengan mewajibkan baper sama Allah. Semangkuy pokokmen!!!


Eh ngomong-ngomong, kamu peka juga nggak ya sama saya?




You May Also Like

0 komentar