LPJ singkat (evaluasi) tahun 2018

by - December 31, 2018

Beberapa jam lagi udah mau ganti kalender aja. Tahun 2018 nggak kerasa udah menjadi saksi perjalanan kita di tanah perjuangan. Perjuangan memikul sebuah amanah besar sebagai manusia. 

Rasanya cepet banget ya waktu bergerak melewati detik-detik, tapi apakah kita juga sudah garcep dalam melewati detik-detik yang terlewatkan? Atau malah kita masih stay on padahal waktu udah lari jauh menghisap usia kita. Ya Allah.... Iyaya, Hello diriku yang berusia 19 tahun sekarang. Lo 19 tahun hidup di tanah rantau (bumi kan tempat manusia merantau) udah ngapain aja? Mati dah kalau ditanya pertanyaan semacam itu.

Padahal dulu waktu kecil waktu kerasa lama banget. Waktu main nggak pernah habis. Masa kecil pengen jadi orang dewasa. Aku udah gedhe Ma.. Padahal masih polos nggak ngerti apa-apa perihal realita kehidupan. Eh waktu udah sampe dewasa, pengen balik lagi jadi kecil biar nggak kecipratan masalah ke-bumi-an. Emang lucu manusia ya.

Resolusi tahun baru juga jadi perbincangan hangat nih. Banyak yang bilang resolusi bukan berarti membuat mimpi atau targetan-targetan baru. Tapi gimana kita meng-update mimpi-targetan kita di tahun sebelumnya yang belum kecapai. Nggak lupa juga memperbarui targetan/mimpi kita dengan langkah perwujudan yang benar dan detail. 

Cuma kok kalau saya lihat, kita nih semangat sama mimpi-mimpi resolusi kita cuma di awal tahun. Terus baru beberapa bulan udah lupa sama lust-list targetan/resolusi yang udah kita buat berjam-jam sebelum kembang api muncrat di langit. Terus alhasil di akhir tahun lagi bingung bahkan lupa, emang targetan aku tahun ini apa aja ya... wkwk. Lucu. Eh atau emang cuma aku ya yang kayak gini. hmm


Okeydeh mari kita evaluasi diri ini yang penuh dosa.

1. Waktu luang disia-siakan

Ini nih yang jadi penyakit generasi Z termasuk saya. Lebih lama mantengin gawai daripada mantengin buku apalagi al-quran. Mau nyentuh hobi, eh udah mager karena terlanjur nyaman di kasur sama gadget. Ahlhasil waktu yang bisa dibuat me time habis buat scrolling timeline twitter. ok. 

Makanya saya lebih suka kalau punya agenda padet di kampus. Habis ke urusan  A lanjut urusan B lanjut terus sampai waktu memanggil buat istirahat. Kalau enggak gitu, sama bakal gabut dan akhirnya homesick. Kelar pemira kemarin saya itu gabut, nungguin UAS juga. Nggak ada perkuliahan, gabut, nggak ada organisasi, nggak ada agenda buat bahas proker atau bahas sesuatu. Walhasil saya pengen pulang dong. Kangen rumah. Kalau misal saya jadi mahasiswa kupu-kupu dan gabut meliputi diri, ya sama malah nggak kuat buat melipat jarak dengan kampung halaman. Kan gawat. Makanya kalian kalau ada acara yang berfaedah ajakin saya, tahun depan saya udah nggak di EM kok. Nggak tau kalau di tempat lain wkwk.


2. Ngomongnya nge-gas

Jadi anak rantau di Malang, semakin ke sini saya jadi nggak bisa ngontrol omongan saya. Iya kalau ngomong suka nge-gas. Gawat nih. Terus gimana dong. Maafin ya.


3. Maennya kurang jauh

Fokus membuat hasil ijazah dan skhun SMA dengan serangkaian ujian membuat saya banyak di rumah. Alhasil saya kurang main. Giliran udah kelar dan kegabutan melanda eh nggak ada yang bisa diajakin maen.

Terus, di kota baru juga saya mainnya kurang jauh. Baru main-main sama anak kuliahan UB. Padahal kan saya pengen kenal yang luar UB juga, pengen kenal sama komunitas-komunitas luar UB, pengen punya kenalan ustadzah-ustadzah yang bisa saya kuras ilmunya. Cuma sampai sekarang saya belum bisa merealisasikannya. Kan syedih.


4. Mutabaah harian sekip

Permasalahn tiap tahun dan tiap manusia mager apalagi generasi milenial adalah sulit istiqomah. Termasuk saya. Istiqomah banget kalau pas butuh Allah. Tapi pas ada kenikmatan lupa. Iyaya saya nulis ini juga kayak tamparan keras buat saya. Duh jadi malu kan sama Allah. Doain semoga saya dan saudara lainnya istiqomah ya....


5. Targetan belajar nggak kelar-kelar

Oke jadi saya buat targetan belajar bidang ini bidang itu baik lewat youtube atau buku untuk tiap bulan. Sayang sekali saya melewatkan kesempatan itu, padahal katanya gabut terus. Aduh emang ya manusia kek gitu. Masa juga saya baca satu buku psikologi nggak kelar-kelar dalam kurun waktu tiga bulan lebih. Parah amat sih lu.


Shortwish saya; semoga bisa lebih baik, lebih berkembang, nggak mager, memanfaatkan waktu lebih baik, targe-target sebelumnya yang masih sekip bisa terealisasikan di tahun 2019. yeay.

Maaf singkat-singkat aje nih, karena saya sudah ngantuk-ngantuk ini. Baru bisa bikin soalnya habis rapat saya. Iya rapat online. Jadinya baru bisa ngetik sekarang, beberapa menit menuju tahun 2019. Sebenarnya tadi sore saya udah buat tapi karena spesial dan belum menemukan judul tepat, jadi ya saya tahan dulu buat nggak diposting.


oke.. selamat berdoa di sepertiga malam di tahun yang baru. Semoga kalian bisa istiqomah dengan harapan-harapan dan targetan-targetan kalian. Sekiyan.




You May Also Like

2 komentar

  1. Semangat. Terus lanjutkan karyanya. Semoga bisa semakin bermanfaat untuk orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga uknown. Komen terus yaa whahaha
      #jangan uknown dong

      Delete