Aku Bangga Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018

by - July 17, 2018




Setelah Piala Dunia menjadi topik trend di kancah Internasional yang akhirnya dimenangkan oleh Perancis. Disusul Asian Games yang menjadi perbincangan hangat Internasional, khususnya bagi negara-negara kawasan Asia yang merayakannya. Tak kecuali Indonesia sebagai tuan rumah pastinya ikut serta memeriahkan Asian Games 2018. 

Asian Games merupakan event olahraga dari berbagai bidang pada tingkat Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Event ini akan diadakan pertengahan tahun 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Kabarnya, sehari pasca memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-73, acara bergengsi ini akan dimulai. Sekitar 11.000 atlet dari 45 negara akan berkompetisi secara sehat melalui dunia olahraga pada 18 Agustus-2 September 2018 di Palembang dan Jakarta.

Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia mengingat ini adalah kedua kalinya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Menjadi tuan rumah pertama saat tanah air berusia 17 tahun, tepatnya pada tahun 1962. Masa Pemerintahan Soekarno memanfaatkan Asian Games 1962 sebagai ajang unjuk kemampuan Indonesia dalam memperkuat hubungan di kancah internasional.

Sebagai tuan rumah tentunya Indonesia tidak ingin mengecewakan para tamu Internasional dalam pesta olahraga Asia. Renovasi dan pembangunan GOR tak henti-hentinya digenjor oleh Pemerintah Indonesia. Arena olahraga Stadion Gelora Bung Karno dan Palembang dibenahi menjadi lebih kece dengan alokasi dana sebesar tiga miliar rupiah.

Selain infrastruktur dan pembangunan arena olahraga, tak lupa pemerintah menggelorakan semangat menyambut Asian Games 2018 kepada masyarakat sebagai bentuk kebanggaan negerinya menjadi tuan rumah pesta olahraga bergengsi ini. Bahkan Presiden Joko Widodo turun tangan mengajak seluruh kementerian untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai Asian Games.

Dengan menjadikan Asian Games 2018 sebagai topik hangat yang dibicarakan oleh warga merupakan suatu apresiasi dan dukungan rakyat sebagai tuan rumah. Walaupun tidak semua warga negara Indonesia dapat turut hadir memeriahkan  Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, tapi semangat dukungan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tetap dapat tersalurkan. Dari semua instansi dan lembaga negara didorong pemerintah untuk turut mendukung Asian Games 2018. Tak bosan-bosannya banner bertuliskan “Sukseskan Asian Games 2018” atau dukungan sejenisnya bertebaran di jalan-jalan. Baik di depan kantor-kantor instansi negara atau lembaga negara bahkan kantor milik swasta pun terpampang poster dukungan Asian Games 2018.  

Dengan mengusung motto Energy of Asia, Indonesia berusaha mengangkat aneka kekayaan Indonesia yang dapat merepresentasikan betapa beragamnya Asia. Baik dari segi budaya, bahasa, dan jejak sejarah. Dengan karakter semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, maskot Asian Games 2018 mengusung tiga hewan yang mencerminkan Indonesia. Bhin Bhin, Atung, Ika, adalah nama-nama maskot. Bhin Bhin adalah burung cendrawasih yang melambangkan strategi, Atung adalah rusa bawean yang melambangkan kecepatan, dan Ika adalah badak bercula satu yang melambangkan kekuatan.

sumber:
wikipedia Indonesia
liputam6.com
olahraga.kompas.com 

You May Also Like

0 komentar