Ramadhan Oh Ramadhan

by - July 05, 2018



Kalau kalian main-main  di beranda twitterku pada malam takbir pasti kalian tau aku ngomel sama diri sendiri di twitter. Ngomel tentang kerecehanku menjalani bulan ramadhan. Tapi sebelumnya aku mau ngucapin buat ramadhan terimakasih udah memberi kesempatan buat bertemu dan menjalankannya di tahun ini. Well, ramadhan kali ini bener-bener-bener beda dari tahun-tahun sebelumnya (apakah juga beda nanti waktu udah kuliah di tanah rantau?). Entah karena efek transisi seorang pelajar usia 18 tahun ya? Haha.

Nah jadi gini, sebagian waktu di bulan ramadhan tahun ini aku habiskan bukan di kota kelahiranku. Tapi aku bertamu di kota orang. Asyiklah ya... cari suasana baru hehe. Tapi sayangnya aku melewatkan banyak hal pula yang sering aku lakukan di Nganjuk bersama temen-temen.  Contohnya nih ya nggak optimal ikut ARC, Amazing Ramadhan Camp (project tahunanku di bulan ramadhan). Gak ikut bagi-bagi makanan pula, apalagi tahun ini diadakan di rumah sakit huh. Gak bisa ikut bukber bareng temen-temen buat menjalin komunikasi yg sudah pudar. Sblm pergi aku cuma bukber dua kali aja huhu, padahal ada enam project bukber hehe. It's ok gapapa.

But, aku juga seneng bisa ngerasain puasa atau ramadhan di kota orang. Jadi semakin memahami masyarakat dan lebih membuka pikiran. Lebih mengenal adat dan budaya di tempat baru. Dannn aku bisa ketemu dedek gemesh di kampung yg sempet aku bikin di story wa. Jadi tau berkomunikasi sama anak kecil, jadi tau gimanan mereka bermain dan bergaul sama temen-temen seusianya. Seneng banget mereka di kampung masih bisa main bareng, sepedahan bareng, dan belum terkontaminasi dengan gadget.

Aku menjalankan ramadhan tidak bersama orang tua tapi bersama nenek dan sepupu aku yang absurd nan kocak abis haha. Dengan begini, rasanya aku bisa lebih dekat dengan nenek dan sepupu aku, terlebih kita jarang bangett ketemu, sekalinya ketemu paling cuma idul fitri, itupun hanya beberapa hari. Dan benar aja aku dapat pelajar baru tentang gimana kita lebih menghargai pandangan orang lain yg kadang beda jalan pikirannya. (intinya mah gitu, saya aku nggak cerita gimana-gimana tapi aku dapat pelajaran itu selama tinggal bersama nenek dan sepupu).

Cuma aku bener-bener down ngeliat track recordku selama ramadhan tahun ini. Jauh banget hasil mutabaah Ramadhan tahun ini dengan tahun lalu. Sangat jauh. Ibadahku bener-bener kurang optimal super sekali. Belum lagi karena ke-hetic-an yg nggak tak terlalu penting, ngebuat ibadah di ramadhan kali ini bener-bener-bener kurang optimal bangett. Bener-bener beda jauh sama level ibadah di ramadhan tahun lalu. :(  Mungkin karena lingkungan kurang terkontrol dan aku-nya yang nggak mau adaptasi. Karena gini selama ramadhan dengan aku tergabung dan disibukkan dengan acara ARC, imanku (alhamdulillah) bisa terkontrol dan bisa terjaga ibadahnya. Nah disini (alhamdulillah) iman bisa terkontrol tapi aku banyak melewatkan targetan ibadah. Ternyata bener temen itu berpengaruh dalam memengaruhi al iman. Jadi tugas aku tersendiri gimana aku bisa kontrol walau pada lingkungan yang nggak kondusif. Gimana cara kita buat memengaruhi orang lain pada kondisi lingkungan yang nggak kondusif biar ikutan baik dan kitanya yang ngajak juga makin terdorong ikutan baik. Ehe.

Padahal di bulan Ramadhan kan bulan yang berkah. Semua amal dilipatgandakan.. Tau kan senengnya gimana umat muslim.  Nah ini malah dilewatin banyak. Ingin menyalahkan keadaan kalau aku lagi adaptasi tapi itu nggak bener. Yang salah ya tetap diri sendiri.

Ya Allah ampuni aku, maaf tidak memaksimalkan waktu yang Engkau beri di bulan suci ini. Semoga Engkau tak lelah memberi kesempatan hamba untuk bertemu ramadhan di tahun berikutnya, dengan ramadhan yang menjadikan hamba dan hamba lainnya jadi lebih baik dan bertakwa.

Walaupun aku ngerasa agak kurang optimal super bangettt. Overall aku tetap bersyukur masih bisa menikmati ramadhan apalagi diberi bonus sama Allah buat ngejalanin di tempat yang baru. Dannn bisa lebih deket sama keluarga besar. Karena tahun ini saya lama banget di Malang, keluarga saya juga lama banget di Malang, seminggu lebih, biasanya kan hanya beberapa hari.


You May Also Like

0 komentar