5 Alasan Menulis Blog, Tak Sekedar Cuan Namun Nilai!

by - April 17, 2021

Sebenarnya ini topik di hari kedua bulan Ramadhan. Karena hari rabu dan kamis kemarin super padat soalnya ada UTS yang mana kukerjain sampai jam 11 malam huhu. Jadi yaaa skip deh hehe. Qadarullah, jumat-sabtu diriku sakit wkwkwk. Jadi yaa skip lagi deh hehehe. Nah rencana hari ini aku bakal rapel sekalian untuk topik tulisan berikutnya. Doakan sesuai target yaaa. 



Topik tentang alasan menulis blog sudah pernah kubahas di sini. Tapi karena topik BPN, maka akan kutulis kembali dengan gaya bahasa yang baru-baru kupelajari. Gaya copywriting kayak di artikel seo gitu haha. Oke mulai yuk!


Menuangkan emosi melalui tulisan

Alasan nge-blog pertamaku cukup klise seperti pada umumnya, haha. Karena ingin menuangkan emosi dengan tulisan. Sebagai orang yang sulit mengungkapkan sesuatu secara lisan, media tulisan sangat cocok untuk mengekspresikan opini, isi hati dan pikiran, serta apa yang aku rasakan.


Bahkan saat aku dan temanku ada masalah, aku selalu menulis perasaanku. Dengan begitu hati dan pikiranku lebih legawa. Di sisi lain, temanku yang membacanya jadi mengerti dan memahami apa yang kurasakan. Bahkan diary itu sampai berhalaman-halaman, hampir jadi buku. Sayangnya bersifat privasi hehe.


Sebagai digital memori berjalan

Kalian tau nggak, ingatanku sangat terbatas. Jadi menggunakan media blog untuk menyimpan memori atau kenangan adalah pilihan yang tepat. Konsekuensinya, saat ada pengalaman atau kenangan baru, aku harus sesegera mungkin menulisnya. Agar ingatan segar mampu menuliskan cerita secara detail. Nantinya, beberapa tahun kemudian aku bisa membaca kembali apa sih yang sudah aku lakukan dulu hehe. Siapa tahu blog-ku dibaca sama anak-anakku nanti wkwkwkwkkw.


Hobi

Karena aktif di blog ((dulu)), maka aku berani menyebut bahwa hobiku nge-blog. Menyenangkan juga mengatakan pada orang lain bahwa hobiku nge-blog. Setidaknya aku nggak menjawab hobiku adalah tidur. 


Berbagi nilai

Wah ini agak serius. Tulisan bisa berbagi nilai dan manfaat. Tentu saja sebagai penulis pemula, diriku ingin juga berbagi manfaat melalui tulisan. Walaupun isi blog-ku banyak condong tentang pribadiku, namun aku berharap pengalaman pribadiku menjadi wahana berbagi nilai tersendiri.


Portofolio

Sepertinya aku tidak memikirkan ini saat awal memulai blog. Tetapi aku baru merasakan manfaat nge-blog akhir-akhir ini. Gara-gara aktif blog, aku tidak sengaja memasukkan link blog-ku sebagai portofolio. Akhirnya jeng jeng, karir kepenulisan berdatangan. Alhamdulilah


Baca: Keuntungan Sewa Apartemen Harian Dibandingkan Hotel


Dapat cuan

Nah ini pengen banget merasakannya hehe. Sebenarnya sudah pernah mendapatkan cuan dari blog. Kalau kalian mengikuti blog-ku, beberapa postingan isinya semacam endorsement haha. Padahal sebenarnya bukan endorse sih, itu mereka mencari backlink dalam istilah SEO. Ya gapapa yang penting diriku dibayar haha.


Jika memperoleh cuan dari adsense aku belum berhasil. Saat ini adsense blogku hanya Rp400-an. Haha padahal viewer blog-ku lumayan. Alasannya karena adsense-ku berhenti. Nggak tau tiba-tiba berhenti. Sudah kucoba mengutek-utek belum berhasil. Meminta bantuan temanku yang jago seo dan koding, mereka hanya memberiku saran. Jadi ya sudah lah.


Baca: Blogging Goals


Nah itulah alasan aku nge-blog. Jika kalian belum menemukan alasan, nulis aja dulu. Kalau nggak pede, silahkan ngetik di word tanpa memberi warna pada tulisan. Kalau sudah selesai, baru diganti warna hitam lalu diupload di blog. Selamat nge-blog!


#Day2

#bloggerperempuannetwork

#30daysBPN

You May Also Like

0 komentar