TO-DO-LIST 2019

by - April 03, 2019



SO TOO LATE to post this !!!!



TO-DO-LIST 2019 sudah ada di list konten blog sejak akhir tahun kemarin tapi saya belum sempet nulis karena malas. Maap ya hehe

Baca: Liburan Ngapain?

Tadi saya lagi ngomongin tentang targetan bareng teman saya. Malamnya tetiba saya terinspirasi dari obrolan tersebut untuk nulis tentang ini.

Buat kalian yang kepo planning saya di tahun 2019, check it out.

1.       TAMAT BACA BUKU

Salah satu list yang saya idamkan sejak SMA adalah rajin membaca buku di luar mata pelajaran. Tapi saya dulu nggak mampu buat beli buku wkwkkwkwk karena uang saku saya terbatas. #jujuramat. Jadi saya merealisasikan mimpi saya ini saat di bangku kuliah. Tiap bulan saya selalu anggarkan dana buat beli minimal satu buku. Terhitung sejak Agustus 2019, benar saja, saya sekarang memiliki sembilan buku diluar tema perkuliahan. Goal untuk membeli buku tiap bulan terlaksana. Etapi etapi saya belum kelar baca gimana dongssss. Ketambahan ada targetan baca buku islam lagi wkwkwkwk. Tenang aja, bakal aku kelarin semuanya saat liburan tiga bulan yang akan mampir ke kehidupan saya wkwkwk. Aamiin. Doain saya ya.

Nah lalu targetan saya di tahun 2019 adalah membaca 10 buku di luar tema perkuliahan yang mana saya paham benar isinya. Kok 10 sih? Ya itu target saya, kalau lebih ya alhamdulilah lah yakan. Soalnya kan selain baca buku perkuliahan, saya harus baca cerpen-cerpen dan novel bahasa inggris yang mana saya belum menemukan kenyamanan di dalamnya. Huhh


2.       MENGAMALKAN RESEP MASAKAN

Targetan saya di usia 19 tahun adalah belajar masak, bukan bisa masak wkwkkw. Sebelum 19 tahun saya sudah nyoba tuh beberapa masakan tapi jarang banget dulu nggak kayak sekarang. Dulu itu saya mulai belajar masak sejak bulan November 2018 disebabkan adanya ulekan wkwkwk. Planning belajar masak sudah ada sejak saya sebelum menginjak menjadi maba tetapi sudah melepas jabatan pelajar. Dulu saya udah ngebayangin tuh mau bikin apa aja dan udah sering lihat blogger-blogger ibu yang sharing masakan mereka. Eh eh realitanya nggak semudah itu buat anak kos wkwkwkkwk. Yaudah lah ya masak sebisanya dulu. Nah tapiiii saat saya menjadi anak kos nggak ada ulekan wkwkwk. Saya kira semua bumbu dapur harus dihaluskan, eh baru tau 2019 kalau dicincau atau digeprek untuk masakan tertentu itu bisa.

Baca: November-ku

Menginjak 2019 dan usia saya memasuki 19 tahun pula saya harus merealisasikan target ini. Emboh pokoke piye. Ga boleh males pokok. Alhamdulilah saya nggak malas kok dan semangat sekali karena sangat menghemat pengeluaran. Saya itu pernah ya karena beberapa bahan stok masih ada, belanja bulanan buat makan cuma habis 200.000 itu pun sudah sama hedonnya wkwkwkkwk. Ngirit banget pokokmen. Cuma yaaaa masakan saya masih jauh dari kata enak. Sering banget yang keasinan, kemanisan, kalo kekurang-pedesan mah sering. Saya nggak tega beli lombok untuk saat ini wkwkwkwk. Pernah juga tuh terinspirasi dari pinterest, eh gosong jadinya. Dan kalau lihat resep di pinterest itu pengennya buat tapi nggak punya blender sama oven wkwkkwk. Soalnya kayaknya enak banget masak yang di-bake-di-bake gitohhh pake oven. Jadi pengen punya oven sama blender wkwkwkkwk.


3.       100 POSTINGAN DI BLOG

Saat ini blog saya sudah mengandung 51 postingan kalau nggak salah. Kalau salah maapin ya. Kalau mau bener hitung aja sendiri. Nahhhhh liburan kemarin saya punya ide itu mau bikin qna kalau sudah ada 50 postingan wkwkwk #halahgayabangetlu biar kayak yutuber lah wkwkwk. Kan jarang ya blog yang ada qna. Etapi saya belum jadi merealisasikan karena ada ketimpangan pemikiran #apasihgajelas. Target saya tahun 2019 itu ada 100 postingan di blog ini. Kalau udah 100, saya pengen bikin qna. Pengen aja loh, nggak janji. Tapi ada yang nanya nggak ya kira-kira?


4.       BELAJAR ILMU PARENTING

Target ini sudah lama ada sejak saya SMP wkwkwkkwk. Dulu saya SMP itu ya udah bayangin mau ngapain ke anak saya nanti. Ya Allah ngakak saya kok bisa mikir gitu ya? Ini gara-gara guru SMP saya cerita kalau anaknya kelas dua SD aja diskusinya udah tentang terputusnya teori Darwin. Lha saya mah baru tau itu waktu SMP. Terus saya terinpirasi tuh dan pengen anak saya di usia dini udah kaya akan pengetahuan. Itu pemikiran SMP loh ya. Terus saya kenal sama kisah Muhammad Al-Fatih waktu SMA dan menganalisa parenting bapaknya, Sultan Murad II (bener 2 ya?). Saya tambah termotivasi dong. Tambah lagi ada Rekening Cinta, sekolah pra-nikah yang saya buat, wah nambah motivasi lagi dong buat semakin belajar. Jadi selama SMA saya hanya belajar dari lingkungan dan bacaan. Nah kuliah ini saya pengen belajar dari buku dan ceramah. Akhir tahun udah nargetin mau beli buku parenting apa, eeee ada harbornas (hari borong nasional), saya mabuk sama diskonnya dan saya habiskan uang saya buat beli buku diskon ituuuu. Nggak jadi beli buku parenting donggg. Tapi tahun ini harus beli dan harus belajar. Sementara belajarnya dari kajian di yutub sama jurnal dulu. Kalau udah nabung, baru belajar dari buku.

5.       NULIS DUA CERPEN

GILAAAA TAU GAK SIHHH saya terakhir nulis cerpen adalah dua tahun lalu. Saat masa jabatan saya di formada (jurnalistik SMA) habis, terus berhenti nulis cerpen. Parahhh padahal waktu SMP itu saya nggak pernah lepas bat nulis cerpen dan puisi. Kapan-kapan saya cerita ya perjalanan saya suka nulis. Kalau nulis hal-hal yang berbau sastra kayak puisi sih terakhir bulan Agustus kemarin.
Terus karena saya dapat mata kuliah Introduction ti Literature yang mana benar-benar mengupas sastra, saya jadi flashback sama zaman-zaman saya nulis cerpen secara sukarela. Saya kangen nulis cerpen. Saya kangen saya dulu tau tokoh-tokoh sastrawan, sekarang mah kudettt. Oleh karena itu tahun ini saya pengen nulis dua cerpen. Ngga tau nanti temanya apa yang penting harus terbit dua cerpen yhaaaaaa.

Dan sempet saya pengen ceritain mimpi aneh saya lewat cerpen, eh rasanya kaku banget coyyy nulis ala puitis nan sastra. Hadeuhh doain imajinasi dan bahasa saya lemes lagi yaaaa....

6. DENGERIN KAJIAN

Tau kan kalau semester lalu saya banyak skip pengetahuan islam. Nah di tahun ini khususnya nanti menjelang tiga bulan liburan saya bakal mengupgrade pengetahuan islam saya. Untuk saat ini saya targetin sering-sering dengerin kajian di yutub. Biar nanti kalau pulang kampung ada bahan diskusi sama ayah saya awkwkkwkwk.





Sebenarnya target detail saya dibagi dalam 7 kategori. Tapi saya nggak bisa menjelaskan di sini. Karena ada beberapan yang masih saya meragukan apa bisa terealisasikan di tahun ini, wong targetan lama di tahun-tahun sebelumnya aja banyak yang dilupakan. Yaudah lah ya sama-sama berdoa semoga kebaikan tetap berpihak dan kemalasan cepat berlari.

Ya sebenarnya target saya sih sederhana dan berupa project-project pribadi. Karena 2019 saya mengambil topik hidup saya buat fokus mengembangkan dan meningkat kualitas diri melalui hal-hal yang saya gemari. Makanya kan saya hectic organisasi dan amanah di waktu tertentu (untuk saat ini, gatau nanti loh ya wkwkwk), nggak kayak dulu, masa hectic tiap hari. Karena memang saya fokus pengembangan diri. Terlebih saya harus belajar buat baca cerpen dan novel bahasa inggris yang mana sampai sekarang saya belum menemukan kenyamanan dan keasyikan. Doain yaa

Sederhanalah targetan saya di tahun 2019, tapi butuh ketelatenan. Doain semoga tercapai yaaaaa kalian jugaaaa






You May Also Like

0 komentar