Tes Psikologi

by - April 28, 2018


Saturday, November 4th 2017

Hari ini emang hari sabtu, waktunya para pengangguran terselubung untuk weekend dongg. But, no for today! Jadinya gak bisa mbangkong deh….(mbangkong;bangun kesiangan. Bener gak sih tulisannya? Bodo amat.)

Jadi ceritanya, sabtu ini aku ke sekolah. Ada tes psikolog yang harus diikutin siswa kelas 12. Karena wajib bayar, jadinya gue ikut dongg. Rugi kalau nggak dateng. Padahal kalo nggak bayar, gue juga ikut kok. Pengen tau aja, kayak gimana tes psikolog.

Oke gue semangat tes, because gue suka kayak tes-tes kepribadian gitu. Pikir gue sih, tes psikolog tuh kayak tes kepribadian and potensi-bakat kita. Jadi kata guru BK gue, nanti hasilnya disinkronkan sama jurusan yang akan kita ambil. Sesuai nggak jurusan yang kita ambil dengan passion kita? Kek gitu cerita awalnya. 

Nah saking semangatnya (sebenernya gak semangat banget sih karena tau ternyata tesnya 5 jam, wow) gue berangkat pagi. Nah nggak tau kenapa gue bisa berangkat pagi hari ini. Nggak kayak biasanya yang sukat mepet-mepet deadtime. Gila, gue berangkat jam 6 dari rumah. Nah berhubung pesan dari guru BK kalau kita disuruh bawa cemilan, karena nantinya tes selama 5 jam nggak ada istirahatnya. Makanya suruh bawa cemilan ringan biar nggak lapar dan bosan. Posisi, gue otw nggak bawa jajan apa-apa.  Masa nanti temen gue ngemil, gue enggak, kan nggak sip. Mampirlah gue ke pasar cari jajan. Gue pengen beli kacang telur yang ada di belakang pasar. Ke sanalah gue, pikir gue sih udah buka. Pasar kan lebih awal bukanya #hahay. Tapi ternyata tutup. Oke gue beli minum dulu ke minimarket. Gue balik lagi masih tutup, yaudah gue beli jajan ke minimarket, balik lagi lah, ngabisin bensin tau. 

Eh ternyata udah jam 6.46, bentar lagi dimulai dong tesnya (katanya sih jam 7 dimulai). Tapi waktu mendarat di sekolah, parkirannya kok masih sepi? Yaelah ternyata dimulainya jam 8. Kalau tau gini, gue bisa beli kacang kan.

Oke pada akhirnya tes dimulai. Awalnya gue pikir selama lima jam nantinya, selain ngerjain soal tes, kita diberi aktifitas lain yang menyangkut pengenalan diri. Kayak diberi permainan, atau infromasi cara mengenali bakat dan minat kita. Atau bisa juga diberi motivasi dan arahan, contohnya seperti cara memilih jurusan yang tepat. Kenyataannya tidak sesuai ekspetasi. Gila, selama lima jam CUMA ngerjain soal yang banyak banget. Kira-kira sampai 2000an soal deh. Sumpah payah banget otak gue. Gue juga sih nggak mau ngawur jawabannya. Ditambah lagi jajan yang gue beli tadi pagi, sampai ngabissin bensin gue, GAK KEMAKAN.  Padahal gue beli jajan udah habis banyak. Tau gitu bisa dapat kacang telur favorit gue dua kali lipat. Deva juga sih terlalu serius haha. Ya gue kan pengen tau aja, gue manusia kayak gimana sh. Eh tapi bener-bener di luar ekspektasi gue banget. 

Awalnya semangat, lama-lama menjadi hal yang membosankan dan pikiran mulai jenuh serta mawut. Otak gue dah capek. Bahkan satu jam setelah ngerjain ribuan soal itu, rasanya nafas gue masih terengah-engah kayak dikejar orang, haha. (Biasa aja kali, Devanda.)

Ditambah lagi tadi ada kata dalam soal yang gue nggak paham. Di soal ada pilihan pekerjaan “ahli ‘rongen’”. Gue kan nggak ngerti, ya gue tanyain ke petugasnya. Gue tanya, pekerjaan ahli ‘rongen’ itu apa ya? Dan gue diketawain temen sekelas gue. Beneran gue baru tau kalau ‘rongen’ itu dibaca ronsen. Whatt. Tapi biasa aja sih, haha. Gitu doang.

Eh kebosanan gue mengerjakan ribuan soal itu ditambah peristiwa yang memalukan di masjid. Oh no!!! Jadi gue tadi langsung cabut dari sekolah, udah sumpek lihat pemandangan sekolah gegara soal yang membosankan. Gue kabur ke masjid. Habis sholat, perut gue lapar. Gue makanlah bekal gue di masjid, tapi gue bingung mau makan di mana. Nggak mendukung banget deh tempatnya. But, karena sepi gue yakinin diri gue “gapapalah dilihat orang, pede aja, Dev”. Awalnya ada, ibu-ibu tua (ibunya satuya) lewat di depan geu, biasa aja. Eh dari tengah-tengah gue makan, ada seorang bapak-bapak (bapaknya satu ya) sama anaknya yang masih kecil lewat di depan gue nggak biasa-biasa aja. Jalan di depan gue sambil senyum kayak mengejek atau ngetawain gue. Intinya kayak ngece gue deh. Soalnya gue makan di bawah tepat di jalanan menuju tempat wudhu dan gue makan nasi bungkus tanpa sendok, alias muluk (makan dengan jari tanpa sendok). OMG, persis kayak orang mbambong (kayak anak terlantar) nggak sih? Sialan, gue jadinya nggak nafsu makan lagi. Langsung gue kemas lagi makanan gue dan gue berdiri sambil bawa kotak minuman biar agar keren gue beli minuman kotak, haha. Sumpah gue malu banget. Langsung gue cepet-cepet pergi dari masjid.

Sebenarnya sih gue cuma mau menyimpan cerita ini ddalam tulisan aja. Biar nggak hilang. Awalnya gue pengen mengekspresikan di twitter, tapi gak muat. Karena gue suka mengekspresikan emosi dan mood gue di twitter. Ya udah, gue tulis di blog aja. Thanks for reading.

Bye.

Btw, pengangguran terselubung itu apa, ya?



 ***

 Maaf banget baru publish, karena gabut. Dan maaf banget atas ketidakjelasan blog ini. Terimakasih.
 

You May Also Like

0 komentar