Pelajar Tingkat Akhir

by - April 28, 2018

Pertanyaan yang sering terlontar kepada anak SMA kelas 12 adalah "Mau kuliah dimana?". Simple. Tapi bagi kami, ‘kaum tingkat akhir’ sangat sulit menjawabnya. Ya masalahnya, kita dilanda galau. Galau menentukan pilihan hidup di awal usia menginjak dewasa. “Enaknya gue kuliah, kerja, atau buat keluarga (eh)?”



Tapi kalau di SMA gue mah galaunya bingung ambil jurusan apa? Termasuk gue, sedang dilanda kegalauan waktu masuk semester akhir bukan waktu awal kelas dua belas. Gue yang biasanya happy dan gak pernah galau (mungkin), seketika jadi galau kebingungan. Apalagi nih semakin dekat dengan tanggal pasca UN (ngerti nggak maksd gue?), kita makin bingung. Parahnya kita nggak bisa jawab "Hehe masih bingung nih aku". Karena bakal disanggah, "Kok masih bingung? Ini udah makin dekat kalian kelar sekolah". Terus kalo ditanya sama temen yang udah mantab jurusannya, "Kok masih belum pasti? Lo harus tentuin dong. Kasihan temen lo yang nilainya di bawah lo. Jangan nikung ya lo!". Dikira kita malu-malu kucing buat ngomongin jurusan yang kita pengen (baca: nyembunyiin). Padahal kita beneran masih bingung coyyy. Lu pikir gampang.


Ngomongin tentang nikung-menikung, ‘hot’ juga nih di SMA gue pekan snmptn. Ada acara ‘rebutan jurusan’. Meriah nggak? Hhmm dramatis sih. Kasihan temen gue sampe nangis gara-gara berebut jurusan. 

Jadi ceritanya gini, di sekolah gue buat yang ikut jalur snmptn (baca: undangan) disarankan untuk nggak milih jurusan yang sama dalam satu sekolah. Biar peluang diterimanya gedhe. Paling nggak satu universitas ngasih jatah ke SMA gue satu anak. Begitu sih rumornya. Nah, perebutan terjadi jikalau ada ‘anak yang peringkatnya di atas’ tiba-tiba pilih jurusan yang sebelumnya udah dipilih sama ‘anak yang peringkatnya dibawahnya’. Bahasa temen-temen gue sih ya ‘nikung’. Lalu rebutan dan adu argumen lewat chat. “Nggak kasihan emang lo sama gue, gue itu bodoh makanya biar gue aja yang diterima. Elo kan pinter makanya ikut jalur tes aja”. Terus dibalas sambil mengelap air mata, “Elo juga nggak kasihan apa, kalo gue nggak jadi dokter hewan, siapa yang ngobatin kucing gue kalau lagi kena flu burung?”.

Ya menurut gue sih nggak perlu-lah kita sampe segitunya. Bertengkar merusak silaturahmi gara-gara milih jurusan. Kan juga belum tentu keterima meskipun yang ngambil jurusan itu cuma satu anak. Wong ada tiga orang pilih di jurusan yang sama buktinya keterima semua. Gue sendiri kalau digituin sih ya mencoba untuk biasa aja. Oke nggak apa-apa. Bahkan nih ya, ada yang chat gue dari anak ips karena gue ambil soshum. “Devanda, kamu jadi ambil psikologi UM?”. Gue langsung jawab, “Iya dipilihan kedua. Ambil aja kalau mau. Nggak papa kok”. See? Udahlah siap-siap aja buat yang jalur tes. Ya belum siap nih gue. Sadar diri buat rajin belajar udah terlambat. Elo kan udah siap, makanya bisa ngomong gitu. Ya sama gue juga belum siap. Tapi siap nggak siap, deadline nggak deadline, tetap belajar. Emang kalian tau, gue memutuskan ambil soshum tanggal 14 Februari? Waktu yang terlalu mepet. But, it’s ok. Belajar aja, daripada nggak belajar sama sekali. Jangan terlalu berharap banyak di jalur undangan. Jalur undangan kadang nggak ketebak. Daripada ujungnya dikecewain. Udah banyak cerita kakak kelas yang di-php-in sama snmptn. Kalian mau jadi korban berikutnya?

Baca: Rentang Kisah versi Pelajar Tingkat Akhir

Selain acara ‘Rebutan Jurusan’ ada juga nih acara ‘Bertaubat’. Tak jarang temen gue berubah 180 derajat. Dari yang awalnya baca novel Dilan jadi rajin baca qur’an. Masjid yang ramainya cuma jam 12 siang, sekarang ramainya jadi lebih awal. Jam setengah tujuh udah ramai buat salat dhuha. Waktu jam kosong banyak yang kutu buku bukan kutu hape lagi. Bahkan yang super pelit malah jadi dermawan. Suka traktir temen. Sampai-sampai nyisihkan ikan buat kucing sebelah (baca: sedekah). Semuanya berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Wah salut gue sama temen-temen gue. Semoga istiqomah ya.

Nggak cuma ibadah yang berubah, jalan pikiran kita juga berubah. Kita tiba-tiba jadi orang yang "be realistic" menjelang pendaftaran masuk kampus. Maksudnya, lebih sadar diri akan posisi diri sendiri dengan melihat rekam nilai kita masing-masing.  Jadi yang awalnya kita ambil jurusan FK, kemudian berpikir ulang sambil melihat nilai rapot yang telah diukir selama SMA. “Kayaknya ketinggian deh kalo gue ambil jurusan FK, nilai gue berantakan kayak gini”. Akhirnya nggak jadi pilih FK dan ambil spesialis jantung. Gara-gara merasa temen kita yang peringkat atas lebih pantas.

Well. Segitu dulu sharing gue dari bebrapa hal yang gue amati dan alami selama menjadi pelajar kelas dua belas. Pesen gue buat yang belum ngerasain jadi pelajar tingkat akhir adalah belajar dari awal. Siapkan di awal dengan belajar. Pokok tetep belajar aja, jangan nunggu deadline. Kalau udah hampir deadline ya tetap belajar aja daripada nggak sama sekali kan ya... 

Tapi juga jangan serius amat belajarnya. Jangan lupa makan, doa, tidur, bantu orang tua, dan ambil jemuran, nanti kehujanan soalnya. 




Ini dia sebagian kecil dari pelajar tingkat akhir. Kalau kalian ada yang mau PDKT bisa hubungi gue lewat DM. Ups.



Sincerely,
DEVANDA C.P.N

You May Also Like

0 komentar