Rugi = Biaya Sekolah

by - March 30, 2020




Kali ini saya mau share sedikit motivasi untuk reminder myself hehe.

Kalau kalian update sama kehidupan saya #eak, seperti yang ada di status sosmed dan bio ig saya whehe, tahun ini adalah target saya untuk action bisnis. Akhirnya alhamdulilah berjalan mulai bulan Februari setelah drama panjang dalam rangka mempersiapkan sebuah awal eak. Perjalanan saya memulia bisnis ini cukup panjang ya ternyata (saya baru sadar). Dengan tipikal saya orang yang masih lemah mental bisnis #masa itu wkwk dan nggak ada background berkecimpung dunia usaha sebelumnya sekarang dikenal Devanda identik sama catering wkwk. Kok bisa ya? #serius saya heran. Waktu saya nawarin bisnis saya yang B, eh pelanggan malah pesan produk bisnis saya yang lama wkwk yang udah nggak begitu saya tekunin wkwk.

Target buat punya usaha sudah ada sejak SMA kelas tiga. Waktu itu cuma bilang, pokok kuliah merantau harus punya bisnis, entah rugi atau untung wkwk. Karena saya masih lemah dalam hal mental dan masih harus punya teman atau partner buat diajak bisnis maka selama satu semester pertama di negeri orang saya berdoa tanpa henti buat diberi partner sama Allah. Pokok intinya semester awal-awal itu saya bingung dan kesusahan buat nyari partner. Entah partner diskusi, partner lomba, atau partner bikin projek atau partner dating ke kajian. Sulit pokok. Ya namanya maba masih harus banyak bergaul biar relasi luas. Oleh karena itu semester satu saya aktif banget kan dimana-mana, muncul wajah saya wkwk padahal sekedar jadi peserta atau cuma jadi upil wkwk. Alhamdulilah progress satu semester tidak mengecewakan untuk membuat relasi dengan mahasiswa. Istilahnya diri saya terupgrade lah walau jadi maba.


Baca: Semester 1

Semester kedua saya udah males organisasi wkwk. Cepet banget kan bosennya aku tuh. Jadi semester dua saya cuma ikut satu. Eh semakin ke bulan-bulan yang belakang saya nggak cuma ikut satu tok wkwk. Semester tiga itu mulai riwuh banyak amanah. Eh tapi semester dua finally I find someone who can be believed. Masalahnya, dia super sibuk wkwk. Masuk semester tiga saya panik, target bisnis belum jalan. Orang yang saya percaya jadi partner ini belum mau saya ajak bisnis. Sebenarnya dia udah punya pengalaman bisnis tapi dia belum mau semester tiga, nunggu semester empat, hmm okedeh. Alhamdulilahnya semester tiga itu Allah kasih saya rezeki berupa pengalaman dan duit wkwk. Tiba-tiba ada orang yang nawarin saya pekerjaan dan jenis pekerjaan ini tuh banyak cukup menantang wkwk apalagi buat saya yang masih lemah mentalnya masa itu. Tapi karena udah dikasih kepercayaan ya saya let it flow aja lah. Dan di semester empat saya kayak jadi penyedia loker parttime atau freelance wkwk. Banyak dimintain tolong buat nyari orang yang mau kerja parrtime atau freelance.

Alhamdulilah semester tiga itu warbyasah. Perjalanan saya buat nabung ilmu bisnis banyak saya dapatkan. Mulai dari pengalaman kerja, cerita pengalaman pengusaha di masa awal mereka mulai bisnis, relasi, branding diri, komunitas bisnis, sampai bisa dapetin mentor bisnis tanpa bayar cuii. FYI punya mentor bisnis itu nggak gratis, bayar cui, nah di sini saya dapat secara gratis. Awalnya saya memilih mentor A sebelum kenal mentor yang sekarang, nah itu tuh kurang ‘ke hati’ gitu arahannya wkwk, kayak gimana gitu nggak serius, ya saya tau sih emang beliau super duper sibuk. Bayangin aja penghasilannya udah 4M setahun, masa nggak sibuk sih. Alhamdulilah setelah berpetualang mencari jalan wkwk Allah mudahkan.

Nah awalnya saya masih ada rasa khawatir di tahun 2020 itu, walaupun udah biasa ngadepin pelanggan. Kekhawatiran saya apa ya wkwk. Pokok gitu lah ya wkwk. Salah satu ketakutan pengusaha pemula adalah takut gagal, takut rugi, atau takut-takut banyak lainnya. Berulang kali pengusaha itu bilang bisnis itu pasti rugi pasti gagal pasti bangkrut dulu. Ya gitu lah ya. Nah dari kegagalan dalam berbisnis ini saya mempelajari satu hal bahwa nilai kerugian yang dialami para pengusaha apalagi newbie entrepreneur sebagai konversi ‘biaya sekolah’ dalam bisnis. Itu lah harga pelajaran berharga yang harus dibayar seorang entrepreneur. Sekolah di lembaga formal, kuliah, les atau kursus, atau ikut kelas online atau seminar aja bayar sampai berjuta-juta. Nonton konser yang berjuta-juta aja kita rela bayar, masa menggeluti bisnis nggak mau bayar juga. Walaupun cara bayarnya beda dari yang lain. Nggak langsung ngasih duit sejumlah nominal, tetapi bayarnya nggak bisa diduga dan kesannya kayak kita merasakan kehilangan (baca: rugi-bangkrut). Dalam bisnis, kerugian menjadi biaya belajar. Tinggal bagaimana muridnya merespon, bisa nangkep materi yang dikasih dari kerugian atau kegagalan itu apa tetap mengulangi kesalahan yang sama. Gituh.


Proses belajar dengan kerugian atau kegagalan yang terjadi dalam bisnis nggak berhenti sampai situ. Tetapi kita harus terus mengupgrade proses dan ilmu biar naik kelas. Setelah fokus operasional, marketing, tingkatkan fokus cara atur finansial, tingkatkan lagi gimana bisnis bisa berjalan tanpa kita, entah cari karyawan atau gimana, dan terus upgrade, upgrade, dan upgrade lagi. Bisnis pun juga ada naik kelasnya. Gitu.

Baca: Bertumbuh

Hmm panjang amat sih cerita pembukanya wkwk padahal poinnya dikit aja wkwk. Ya gitu lah pokok, saya belum bisa cerita banyak karena saya masih newbie, masih jadi ‘bayi’ usaha saya wkwk. YA sudahlah doain saja semoga usaha yang jalankan bersama teman-teman bisa selalu dimudahkan dan naik kelas hehe. Biar saya juga bisa cerita ke kalian dan bikin konten di blog wkwkwk.

Okelah gitu dulu yak semoga bisa diambil hikmahnya dan jadi #selfreminder.

Follow ya: cetakuy

You May Also Like

0 komentar