#dirumahaja versi panda

by - March 25, 2020



Yuhu sekarang lagi trending tentang #WorkFromHome atau #dirumahaja atau social distancing untuk menekan angka penyebaran virus covid-19. Nah kalian tau kann saya anaknya itu nggak bisa diem, apalagi mendekam di asrama berlama-lama wkwk. Ingat nggak waktu liburan semester bulan Januari saya stress gak produktif sebab memenjarakan diri di dalam kamar wkwk. Padahal itu cuma beberapa hari, nggak sampe seminggu. Lha ini sampe seminggu lebih hampir dua minggu, gimana saya survive?


Sebenarnya bukannya saya nggak betah di rumah terus, nanti gimana dong kalau nikah kan pasti bakal banyak menghabiskan waktu di rumah ehehe. Saya iu betah terus-terusan di rumah-bukan di asrama wkwk. Walau di rumah kita itu tetap bisa produktif kok. Lalu mengapa dengan saya?

Yang pertama, karena di rumah saya tidak hidup dalam sepetak kamar, jadi bisa cuci mata ke ruangan lain di dalam rumah. Kedua, saya bisa melakukan apapun yang saya sukai di rumah wkwk di tengah momen seperti ini. Minggu-minggu ini adalah pekan uts, tapi saya kayak nggak terlalu serius mikirin uts wkwk. Justru menyibukkan diri dengan hal-hal yang saya sukai dimana mungkin saja nggak bakal sempat saya lakukan saat hiruk pikuk duniawi memanggil cielah.

Baca: Me Time

Jadi, saat ada info seputar COVID-19 masuk ke area UB (Jumat) itu, posisi saya di kampung halaman pas lagi sakit juga. Hari Minggu saya harus kembali ke asrama sebab sninnya UTS. Eh pas sampe asrama ternyata UTS dilakukan secara daring. Baiqlah ngapain saya balik ya, kan saya lagi sakit juga ahh payah. Terus sakit saya berlanjut sampai tiga hari belum sembuh-sembuh. Pergilah ke Klinik UB buat periksa. Fyi, saya mendiagnosa sakit asam lambung. Bener ternyata. Masa-masa itu saya kebelet pulkam, pengen dirawat ibu, nggak tau kenapa perasaan saya pengen banget pulkam. Beda waktu sakit tipes saya bisa survive. Hari ke-5 sakit, belum juga sembuh malah tetap muntah. Saya mikir lama banget deh sakit lambung hamper satu minggu. Saya mulai panik. Akhirnya nekat pulang kampung hari Jumat, hari ke-5 saya sakit. Singkat cerita, sekarang saya sudah mulai membaik dan berusaha sehat kembali, doakan yaaa apalagi didukung mood Bahagia bisa melakukan me time terus-terusan ehehe.

Baca: Sakit

Panjang banget intro-nya hehe. Jadi saya ngapain aja pas momen #dirumahaja dan hal-hal produktif apa aja sih versiku, yuk simak ceritaku...


1. Baca Buku

Momen #dirumahaja merupakan kesempatan buat mewujudkan resolusi baca buku sejumlah tertentu. Saya dan mungkin kalian pasti punya buku yang belum kesentuh buat dibaca karena sibuk urusan duniawi kan yah haha. Nah kesempatan buat di rumah aja ini kudu kalian manfaatkan buat melahap habis ilmu yang ada di buku-buku yang sudah terbeli. Nggak melulu buku pengetahuan umu, buku fiksi, buku matkul, atau buku pelajaran bisa jadi sarana kok. Gitu, walau badan rebahan, tapi otak tetap terasah cielah gaya banget saya wkwk.

Kemarin saya udah share kan kampanye #bacabukumu di ig story plus saya share buku-buku yang udah dan sedang saya baca. Eh ada beberapa teman yang DM pengen baca salah satu buku yang saya share. Wahh bermanfaat juga ya ternyata saya share begituan wkwk.


2. Ngerjain kewajiban (akademik)

Untuk pelajar dan mahasiswa kan belajar dari rumah ya alias libur sih kalau kata saya wkwk tapi tetap nggak lepas dari tugas-tugas. Nah tentu momen ini digunakan untuk ngerjain tugas lah ya, kalau nggak ngerjain tugas ngapain pemerintah ngeliburin kalian wkwkwk. Intinya gitu deh ya. Cuma kampus saya lagi pekan UTS, jadi nggak ada tugas (kalau saya). Tapi saya ada tugas kuliah asrama HAHAHA.


3. Belajar Sirah Nabawiyah

Saya suka banget kalau belajar tentang Sirah, jadi kesempatan di rumah aja ini saya manfaatkan buat belajar Sirah Nabawiyah lebih banyak daripada porsi biasanya. Apalagi saya ada tugas dari asrama tentang Sirah Nabawiyah, mantap lah pokok. Selama di rumah, hamper 24 jam kajian sirah on terus wkwk. Alhamdulilah saya jadi banyak bilang “O” abis dengerin dan baca Sirah Nabawi.


4. Meningkatkan Skill

Kemarin saya juga sudah share kan tentang platform Skill Academy yang diselenggarakan Ruangguru. Nah pumping ada free class, kalian bisa join buat mengisi kegabutan kalian selama dua minggu. Percaya deh kelasnya bagus-bagus temanya. Bermanfaat semua deh ilmu yang ada di sana.

Selain lewat Skill Academy, kalian juga bisa belaja skill tertentu dari platform lain atau kalian juga bsia belajar sendiri bidang tertentu yang ingin kalian tekuni. Contohnya kemarin saya ikut Career Class yang Kelas Donasi yang diadain sama Langitlangit. Bisa juga mengasah kembali skill yang dulu pernah dipelajari tapi lama nggak diasah, contohnya ngedesain, ngedit video, atau apalah gitu wkwk. Bisa juga momen buat belajar Bahasa inggris atau nyiapin tes TOEFL gitu kek kan sabi.

5. Menulis

Yap ini kesempatan saya buat nulis tapi saya baru nulis hari ini wkwk. Enggak juga sih, pas beberapa hari yang lalu saya menulis artikel buat Buletin. Abi situ nggak nulis lagi wkwk karena masih ngerjain tugas asrama yang mendekati deadline hehe. Sekarang nih saya sempatkan nulis di blog, apalagi bulan Maret 2020 segera berakhir dan saya belum update blog sama sekali di bulan ini wkwk. Parah banget deh.

Buat kalian yang suka nulis, bisa melampiaskan imajinasi yang kalian dapatkan dari rebahan ke dalam bentuk tulisan. Kan bermanfaat dan produktif juga itu. Atau bikin proyek pribadi buat nulis 30 hari bercerita di caption ig gituh kan bisa yow, daripada rebahan mulu wkwk.

6. Rapat Online

Sebagai seorang mahasiswa yang ‘biasanya’ nggak lepas dari kegiatan mahasiswa secara otomatis rapat dilakukan secara online. Kan nggak boleh meet up. Nah saya juga nih tapi baru sekali rapat onlinenya dan agak gimana gitu kalau rapat via chat. Mungkin bakal lebih efisien kalau vidcal ya. Kan udah ada aplikasi zoom, aplikasi vidcal dengan banyak manusia bisa join.

Kalau kalian bukan organisator dan apatis, tetap harus rapat loh. Rapat sama diri sendiri, bikin evaluasi dan perenungan sama diri sendiri tentang kehidupan kalian. Kita juga perlu kompromi sama diri sendiri loh, saling ngobrol pake deep talk gitoh biar semakin love yourself dan understanding self.

7. Berbakti sama orang tua

Ini berlaku buat teman-teman yang pulang ke kampung halamannya. Kesempatan langka kan ya, pas hari aktif kuliah, eh bisa ketemu mereka berdua tiap hari. Nah manfaatkan waktunya buat ‘us time’ bareng mereka. Bantuin ibu kek, masa bareng ibu, jangan rebahan aja aowkwkw.

Baca: Rumah 

Udah deh kayaknya itu dulu yang bisa saya sharingkan ya di tengah waktu darurat buat di rumah aja. Semoga keadaan bisa pulih semakin membaik dan kita diberi kesehatan dan kesadaran biar tetap ibadah, nggak galau-galau lagi, intinya mah stay safe gitu lah ya kayak yang lain. Bosen dengernya saya. Pokok keadaan pulih kembali dan nggak ada yang dirugikan lah ya. Ya intinya sama lah kayak doa-doa yang lain. Ehe. Aamiin-aamiin-aamiin.

Buat mahasiswa yang pulkam, imannya dijaga ya, jangan surut sebab rebahan melulu. Eh buat kalian yang dimana pun juga deh.



You May Also Like

0 komentar