Unpredictable Lebaran

by - June 16, 2019


Selamat hari raya Idulfitri teman-teman. Maap telat ya ngucapinnya karena saya lagi sok hectic nih di kampung halaman wkwk. Selamat lebaran dan mohon maaf ya atas kesalahan saya dan keabsurdan saya di blog selama ini. Belum telat sih buat maaf-maafan, soalnya ini kan masih bulan syawal. yekan?

Anyway, beneran loh gaes saya lagi hectic-hecticnya ini sekarang. Banyak kegiatan di luar schedule yang sudah saya buat. Sebelum lebaran padahal saya gabut, eh pasca lebaran idulfitri, habis solat ied itu uwuuwu kegiatan di luar kendali saya.

Biasanya menjelang berakhirnya puasa (yah sedih) dan terbitnya lebaran, orang tua saya sudah sepakat dengan saya dan adik untuk perencanaan lebaran mau kemana dan dimanfaatkan untuk apa hari-hari libur besar. Nah sama sih tahun ini juga ada perencanaan sebelum puasa. Kita berencana menggunakan rencana tahun lalu, yaitu hari-hari terakhir puasa mudik ke Malang, jadi lebarannya di Malang dulu saja. Mau bakar-bakar bareng sepupu saya sambil takbiran. Ehe. Awal puasa pun saya sudah mulai mencari info penginapan buat orang tua saya. But all our plan is fail when my dad must go to work in lebaran day. It’s such as patrick’s face bodo amat wkwk. Yaudah gapapa saya bisa lebih lama di kampung halaman yakan yakan.

Akhirnya kita merombak planning kita. FIX jadwal kita buat silaturahmi sampai minggu (h+4 lebaran) karena senin sudah mulai hari aktif kerja. Rencana di hari-H berantakan dong gaes, karena orang yang akan dikunjungi pergi lah, nggak ada di rumah, terus mau ke rumah saudara satunya jauh lah karena sudah siang menjelang sore. Hadeuh pokok ribet deh nggak bisa saya jelaskan lewat tulisan.ehe. Sampai hari kamis kita bener-bener bikin rencana yang matang dan memastikan orang yang akan kita kunjungi ada di rumah hehe. Jumatnya gaskeun dong sesuai rencana. Alhamdulilah sampai sabtu silaturahmi berjalan sesuai rencana jadinya kan nggak wasting time. Minggu rencana akan ke Surabaya, eh mendadak tidak ada kejelasan dari pihak saudara yaudah gagal, terus kita pake rencana B, pergi ke rumah saudara yang satunya lagi, eh nggak ada juga mereka di rumah. Hadeuh. Oke ngajarin adek naik motor aja kalo gitu di lapangan pada siang bolong. Panas bet. Selesai saya ngajarin adek saya mengendarai motor, orang tua saya nyeletuk pergi ke Kediri. What? Udah siang nih, tapi yaudahlah oke gasss. Dan sampai rumah malem bener kan tuh kan.

KABAR BURUK!! FOTO LEBARAN SAYA TIBA-TIBA HILANG TANPA JEJAK, HANYA TERSISA INI

Hari aktif kerja saya masih ada waktu beberapa hari di kampung halaman, niatnya ingin menyelesaikan janji saya ke teman dan silaturahmi ke temen-temen dan guru-guru saya. Eh gagal total gaes. Saya juga rencana mau belajar bikin kue pun gagal. Hari senin ada saudara datang ke rumah tapi nggak nginep. Habis saudara cabut dari rumah, saya harus menemani ibu saya ke Kediri lagi karena suatu hal. Pulang-pulang maghrib dan tepar. Selasanya saya rencana mau main jauh ke rumah salah satu mbak-mbak progresif yang satu kampung halaman dengan saya tapi beda kecamatan. Rumahnya jauh banget coy, hampir perbatasan sama kabupaten kediri. Payahnya saya nyasar tauk sampai ke kabupaten kediri. Saya nyasar di Papar gara-gara google maps nyasarin saya nih. Nyasarnya itu udah jauh gituloh terus balik kan sampai akhirnya nemuin kampungnya si mbak ini. Eh lagi-lagi saya nyasar dong. Hadeuh memang benar artikel yang saya baca, wanita sulit membaca peta. Bener di Malang saya nggak bisa baca peta maps kan. Hampir dua jam dari rumah saya akhirnya saya mendarat di rumah si mbak ini. Terus ngobrol, pamer ke grup kabayan haha, diskusi, dan cerita. Nggak ghibah kok lagian kan habis lebaran hehe, tapi banyak bacot gara-gara stalking ig whaha, ghibah dong sama aja. ups.

Di luar kuasa saya, ada kabar tak terduga lagi. Habis dhuhur saya dapat pesan WA dari saudara di Malang yang mengabarkan tante saya di Malang dan keluarganya ke rumah saya. Wadohh di rumah Cuma ada adik saya dan rumahnya di gembok. Ibu saya ke rumah sakit mengurus sesuatu, posisi saya jauh dari rumah, kalau pun pulang butuh waktu hampir satu jam perjalanan. Eh untungnya tante saya belum tiba di rumah. Langsung saya pamit dan gass pulang ke rumah. Terus eh terus sampai di depan halaman rumah, hasrat saya buat bikin jajan kok memuncak. Nggak jadi masuk rumah saya pergi ke pasar belanja bahan-bahan whaha. Di pasar saya di telpon tante saya sudah di depan rumah ngemper karena kunci rumah saya bawa. Belum selesai belanja saya gass pulang dan menyambut beliau-beliau serta menyiapkan kamar untuk mereka istirahat. Habis itu baru ibu saya dateng. Uh leganyaa.

Seharian dan semalaman menyambut beliau dan bertukar kabar serta memecah tabungan rindu ea ea ea. besoknya beliau minta dianterin ke Kediri. Wadoh saya bingung paginya, karena bakal ada teman-teman saya halal bihalal di rumah saya. Nggak mungkin lah saya ngusir tamu. Terus bagi waktu dan bagi tugas sama ibu saya. Saya melayani teman-teman saya dulu, setelah mereka pulang saya langsung tancap gas ke Kediri. Hmm seminggu ini saya bolak-balik ke Kediri deh. Semuanya selesai sampai maghrib dan urussan belum kelar karena saya masih harus nganter ibu saya ke rumah sakit buat ambil obat. Malamnya kita berdua tepar. Saya mau tidur pulas biar besok mudik ke Malang nggak capek. Eh ternyata ya gaes saya nggak jadi pulang dong karena ada saudara otw ke rumah saya dan kalau saya tinggal kasihan ibu saya tambah tepar. Jadinya besok aja deh saya balik ke Malang.

Sekarang ini saya lagi istirahat sambil ngetik ini dengan bada pegel-pegel. Ibu saya sakit dong sekarang, gitu masak mau saya tinggal. Ah tapi saya belum bisa istirahat habis ini karena tumpukan baju yang belum disetrika masih banyakkk. Yaudah deh ya saya Cuma mau cerita itu. Lebaran ini emang di luar ekspektasi. Ada aja kejadian yang tak terduga, tamu yan terduga nggak ada habis-habisnya hehe. Tapi keluarga saya nggak pernah ngeluh. Keluarga saya tipe keluarga yang memuliakan tamu. Alhamdulilahnya keluarga saya tau sunnah nabi tentang adab memuliakan tamu, anjuran silaturahmi, ada bertamu dan segolongannya, jadinya ya dibawa have fun dan dijadikan ibadah bukan beban meskipun kenyataannya wew hectic wkwk. Semoga semua keriwuhan, keribetan, keteparan, kecapekan, kekagetan, ke-off-an saya di sosmed karena ngga sempet nyentuh, semoga semua jadi pahala yaaa dan Allah semakin menambah keridhaan-Nya untuk kita semuaaaa.

Selamat lebaran gaes, selamat liburan, oya selamat uas yang masih uas hehe...
Fyi saya besok balik ke Malang gaes. Rutinitas kehidupan dengan segala proker akan dimulai kembali hehehe



***SAYA NULIS INI H-1 SEBELUM BALIK KE MALANG YA. BARU NIAT POST DI BLOG SEKARANG HEHE.

You May Also Like

0 komentar